Menu

Jarang Disadari, Ini 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Menyikat Gigi!

05 November 2020 20:05 WIB

Wanita menyikat gigi (Unsplash/nationalcancerinstitute)

HerStory, Jakarta —

Menyikat gigi merupakan rutinitas yang setiap hari dilakukan seseorang. Rutinitas ini bukanlah sebuah perkara yang susah, hanya dengan berkumur lalu menggosok gigi dengan sikat dan pasta gigi, selesai.

Namun, beberapa orang justru masih banyak melakukan kesalahan ketika menyikat gigi. Penasaran apa saja?

Merangkum dari berbagai sumber, berikut tiga kesalahan yang sering dilakukan seseorang ketika menyikat gigi.

Menyikat gigi terlalu keras dan terlalu sering

Idealnya, menyikat gigi maksimal 3 kali dalam. Namun, jika terlalu sering, bisa jadi kompulsif. Terlalu sering menyikat gigi, misal 4 kali dalam sehari, bisa membuat akar gigi teriritasi dan menyakiti gusi. Menyikat terlalu keras juga bisa merusak enamel (lapisan teratas gigi). 

Menggunakan pasta gigi berlebihan

Banyak orang berpikir jika menggunakan pasta gigi lebih banyak dapat membuat gigi semakin bersih dan terhindar dari gigi berlubang. Namun sayangnya hal tersebut sangat keliru. Menggunakan pasta gigi secara berlebihan hanya akan terlihat lebih boros, yang benar adalah gunakan pasta gigi sesuai aturan kira-kira seukuran kacang polong.

Selalu mulai menyikat gigi di titik yang sama

Kebanyakan orang akan memulai pada titik yang sama setiap kali akan mulai menyikat gigi. Namun ada baiknya jika memulai di tempat-tempat yang berbeda supaya enggak menjadi malas untuk membersihkan titik yang lainnya. Jika memulai di titik yang sama, seseorang akan cenderung hanya benar-benar membersihkan dengan baik di titik tersebut, kemudian malas membersihkan di titik yang lain.

Bagaimana, sudah tahu kan Beauty kesalahan-kesalahan dalam menyikat gigi? Yuk dihindari hal tersebut ya!