Menu

Mengenal tentang Open Relationship, Hubungan Terbuka yang Boleh Bercinta dengan Siapa Saja

28 Oktober 2022 21:15 WIB

Ilustrasi hubungan yang mulai hambar. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah pernah mendengar istilah open relationship yang mana menjalin hubungan bersama pasangan namun gak menutup diri untuk berhubungan dengan orang lain? Istilah ini belakangan ramai dibahas usai viral kisah seorang pengguna Twitter @humanlangka yang membagikan isi percakapannya dengan kekasih. 

Dalam obrolan itu tampak kekasihnya memberitahu bahwa ia akan melakukan hubungan seksual dengan mantan. Alih-alih marah, pemilik aku malah merasa hal itu biasa saja. 

"Mau tau nggak open relationship itu gimana? Kayak gini salah satunya. Jadi kalau kamu ngerasa nggak sanggup jangan setuju," ujar @humanlangka. 

Hubungan seperti ini sering disebut non-monogami konsensual, sehingga kedua belah pihak setuju untuk gak menjalani hubungan monogami atau hanya berfokus satu sama lain.

Konsep hubungan ini sangat lumrah di Amerika Serikat (AS), sehingga alih-alih mengacu pada poligami yakni punya lebih dari satu pasangan bersamaan. AS lebih sering mengizinkan pernikahan non monogami yang disebut pernikahan terbuka atau open marriage.

Sedangkan di Indonesia yang mengusung adat ketimuran, open relationship cenderung sulit untuk bisa diterima masyarakat luas, sehingga biasanya hanya kesepakatan bersama pasangan.

Kondisi ini juga dipengaruhi oleh adat, budaya, dan agama yang berkembang di Indonesia. Melakukan hubungan seks selain dengan pasangan akan mendapat kecaman sehingga biasanya hanya dapat berlaku atas kesepakatan bersama pasangan. 

Artikel Pilihan