Menu

Nilai Makin Turun Gegara Anak Kurang Fokus dan Sulit Belajar Moms? Jangan Khawatir! Ini 4 Tips Ampuh yang Bisa Kamu Lakukan, Cuss Terapkan!

31 Oktober 2022 10:45 WIB

Ilustrasi anak belajar di kelas (shutterstock/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Untuk mendapatkan nilai yang bagus dan menguasai pelajaran yang ada di sekolah, sangat penting untuk sang anak tetap belajar di rumah dan menguasainya untuk kehidupannya kelak.

Maka dari itu, tugas untuk para orangtua di rumah adalah untuk memastikan sang anak belajar dan memahami semua pelajaran di sekolah dengan sangat baik.

Masalahnya, tak semua anak mau belajar dengan tekun. Justru sebaliknya, banyak anak yang malas belajar. Anak yang malas ini biasanya sulit menurut jika disuruh untuk belajar. Entah dengan beralasan macam-macam atau bahkan kabur agar tak disuruh belajar. Hal ini biasanya disebabkan karena anak menganggap belajar sebagai kegiatan yang membosankan dan tak menyenangkan.

Berikut ini adalah 4 cara ampuh menyuruh anak belajar. Simak yuk Moms!

1. Tahan Keinginannya Sebelum Belajar

Di luar belajar, anak biasanya memiliki berbagai keinginan. Mulai dari keinginan pergi bermain atau keinginan membeli sesuatu. Agar anak mau belajar, maka kita bisa menahan untuk tak menuruti keinginan tersebut sebelum sang anak mau belajar. Dengan begitu sang anak akan terdorong untuk belajar supaya bisa mendapat keinginannya.

Memang cara ini cenderung memaksa dan membuat anak tak belajar karena niat sendiri. Namun tak masalah memancing anak belajar dengan cara seperti ini. Lama-kelamaan sang anak akan terbiasa belajar dengan sendirinya.

2. Siapkan Fasilitas

Kita juga perlu menyiapkan fasilitas untuk anak belajar. Misalnya buku dan peralatan lainnya. Ditambah juga tempat yang nyaman untuk belajar. Jadi sang anak tinggal belajar saja tanpa menyiapkan banyak hal. Hal ini membuat anak lebih ringan untuk belajar lho Moms.

Selain itu, anak yang pengertian juga akan sungkan untuk menolak belajar ketika melihat orang tuanya sudah menyiapkan keperluan untuk belajar.

3. Janjikan Hadiah

Hampir sama seperti menahan keinginan, kita bisa juga menjanjikan hadiah agar anak termotivasi untuk belajar. Misalnya dengan menjanjikannya membelikan keinginannya jika berhasil mendapatkan nilai sempurna atau ranking yang baik di sekolah. Hal ini akan memicu anak untuk terus belajar demi hadiah yang dijanjikan. 

Hal ini juga membuat anak tak belajar dengan ikhlas, namun lebih baik daripada tak belajar sama sekali. Diharapkan lama-kelamaan anak juga akan terbiasa dan tetap rajin belajar tanpa iming-iming apapun.

4. Singkirkan Semua Gangguan

Anak sangat mudah terganggu saat belajar dan membuat belajarnya tak serius. Misalnya TV, gadget, atau teman yang datang untuk mengajak bermain. Kita perlu menyingkirkan sementara gangguan tersebut agar anak kita bisa fokus belajar.

Demikian 4 tips ampuh yang bisa kita coba untuk menyuruh anak belajar. Selamat mencoba Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan