Menu

Sosok Alyssa Spischak, Pernah Rilis Lagu sebelum Kabur ke Bali

06 November 2020 15:15 WIB

Alyssa Spischak (Instagram/alyssaspischak)

HerStory, Jakarta —

Alyssa Spischak telah ramai diperbincangkan lantaran mengunggah potret tanpa hijab dengan pakaian terbuka. Setelah sempat kabur dari rumah pada tahun 2018, anak dari Ustaz Derry Sulaiman yang mana juga seorang penyanyi, penampilan Alyssa kian hari berubah secara drastis.

Alyssa adalah anak sambung dari Derry Sulaiman yang menikah dengan ibu Alyssa, Antika Jodha. Saat ini Alyssa berumur 21 tahun, ia memiliki darah Jerman dari ayah kandungnya.

Dua tahun lalu, Alyssa sempat meninggalkan rumah dan membuat panik satu keluarga. Setelah dicari, Alyssa pun ditemukan berada di Bali. Ia sempat beberapa kali menyurati ibunya dan memberi alasan bahwa ia ingin mandiri, enggak mau dikekang lagi.

Kabur ke Bali

Kasus kaburnya Alyssa sempat viral. Saat ia kembali, ia menjadi bintang tamu dalam acara 'Pagi Pagi Pasti Happy - Alyssa Spischack, Anak Derry Sulaiman Akhirnya Pulang!'

Dalam acara tersebut, Alyssa yang masih menggunakan hijabnya, menerangkan bahwa ia ingin mandiri. Selama ini hidupnya penuh dengan kekangan, ia merasa enggak bebas sebagai remaja seusianya. Bahkan, setiap pergi, ibunya pasti selalu menemani. 

"Di Bali tanggal 21 Januari, Alyssa tulis surat buat Mama. Alyssa pergi karena mau coba mandiri, kan di rumah selalu dikekang sama Mama. Kayak pengen ngerasain bebas sedikit aja gitu," jelasnya.

Sebagai remaja, Alyssa ingin punya waktu sendiri untuk dirinya dan bermain dengan teman-temannya tanpa ada yang mengawasi.

"Kayak misal keluar, gak bisa sendiri harus selalu ditemenin Mama. Kan Alyssa juga butuh waktu sendiri, ya jalan sama temen. Gak bisa have fun, harus sama Mama terus," jelasnya.

Alyssa yang merasa dikekang akhirnya pergi meninggalkan rumah dan dikabarkan ia memilih untuk menetap tinggal dengan teman dari ayah kandungnya di Bali.

Alasan ibunya mengekang Alyssa karena takut anaknya diganggu orang lain. Dia merasa harus menjaga anaknya seperti berlian yang harus selalu dilindungi.

Lepas hijab

Belakangan ini Alyssa kembali membuat heboh publik terutama keluarga karena potretnya tanpa menggunakan hijab. Ia juga sering kali berpose mesra dengan kekasih bulenya. 

Gaya berpacarannya terlihat sangat dewasa dan berani. Foto-foto yang ia unggah juga diserbu netizen. Ustaz Derry Sulaiman pun kena hujat karena dianggap gagal mendidik anak.

"Jangan salahkan Abi Derry, dia enggak salah. Aku yang sudah dikasih tahu, berkali kali sudah dinasehati sama beliau. Tapi aku punya pikiran sendiri dan hidup sendiri. Enggak bisa dipaksa,” kata Alyssa Spischak dalam Instagram Story.

Sudah diingatkan oleh Abi Derry

Keputusan untuk melepas hijab datang dari dirinya sendiri. Ia merasa belum siap untuk menggunakannya. Keluarga pun menyikapi putusan ini sebagai keputusan yang buruk. Abinya yang sudah mengajarkan nilai-nilai agama untuk Alyssa, merasa malu.

"Abi nyaranin katanya, 'Kalau enggak pakai hijab pakai bajunya yang rapi. Meskipun kamu bukan anak kandung, Abi tetap malu'," papar Alyssa.

Pernah jadi penyanyi

Sebelum viral atas tindakan-tindakannya yang penuh kontraversi, wanita berusia 21 tahun ini pernah menjadi penyanyi. 

Ia mengeluarkan single berjudul 'Jangan Kau Kembali' di tahun 2017. Dalam video klip yang diunggah akun Derry Sulaiman And Sahabat tersebut, terlihat Alyssa yang menggunakan hijab, beradu akting dengan aktor Ciccio Manassero. 

Lewat single tersebut, Alyssa menuai banyak pujian atas suaranya emasnya.