Menu

Jadikan Anak 'Bibit' Orang Sukses, Ini 3 Tips Tanamkan Growth Mindset Sejak Dini! Catat Ya Moms!

01 November 2022 12:50 WIB

Ilustrasi anak belajar memasak. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Salahs atu orang bisa bahagia ketika menjalani kehidupan adalah growth mindset dimana pola pikirnya terus berkembang seiring bertumbuh. Lalu, kenapa hal ini sangat penting sih Moms?

Orang dengan pola pikir berkembang biasanya optimis dan terbuka dalam menerima masukan dari orang lain. Tak keras kepala atau sok tahu dengan apa yang diyakini. Hal inilah yang kemudian membuat seseorang dengan growth mindset gak hanya sukses dalam karier, tapi biasanya juga disukai banyak orang.

Sebenarnya growth mindset ini bisa kamu tanamkan sejak kecil lho Moms. Untuk itu, kali ini akan dibahas mengenai beberapa tips membangun growth mindset pada anak. Mari kita simak bersama.

1. Memenuhi rasa ingin tahu anak

Ada kalanya orang tua waswas ketika melihat si kecil mengeksplorasi lingkungan sekitar. Padahal, sebenarnya dengan membebaskan anak untuk menjelajahi lingkungan sekitarnya bisa memenuhi rasa ingin tahunya lho Moms.

Seperti diketahui, anak dengan rasa ingin tahu yang besar biasanya cerdas, kreatif, serta punya pemikiran maju. Gak heran setelah dewasa kelak ia memiliki pola pikir yang terus bertumbuh.

2. Jangan bereaksi berlebihan ketika anak berbuat salah

Sering kali yang mematikan kreativitas anak adalah orang tua sendiri, misalnya saja ketika anak berbuat salah dimarahi habis-habisan. Inilah yang kemudian membuat anak jadi tak berkembang, karena ingin melakukan hal-hal baru jadi takut.

Padahal, kesalahan atau kegagalan itu perlu dalam hidup. Bagaimana anak akan mencoba sesuatu, kalau sejak awal sudah berpikir negatif (takut) duluan bila yang nanti dilakukannya gak akan berhasil.

Untuk itu, sebagai orang tua hendaknya tak perlu reaksi berlebihan ketika anak salah. Cukup diarahkan dan ditegur apabila kesalahan itu merugikan orang lain.

3. Ajarkan anak mencintai proses

Ada banyak orang tua yang begitu fokus pada nilai sekolah anak, sampai-sampai membuat anak jadi stres. Hal demikian gak baik bagi perkembangan mental anak, lho.

Bila kamu ingin si kecil menjadi pribadi dengan pola pikir berkembang, cobalah ajarkan anak untuk mencintai proses. Tak apa-apa jika hasilnya lebih buruk dari teman-teman yang lain. Yang penting, dia sudah berusaha keras dan hasil yang didapatkan lebih baik dari hasil-hasil yang diperolehnya sebelumnya.

Kualitas kehidupan seseorang sangat ditentukan dari pola pikir yang tertanam. Semoga uraian tadi bisa membantumu untuk membangun pola pikir berkembang si kecil sejak dini ya Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.