Menu

OMG! Berhubungan Seks Tiap Hari Ternyata Bisa Sebabkan 5 Gangguan Ini, Sereeemm…

01 November 2022 17:40 WIB

Ilustrasi kebersihan Miss V (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Hubungan seksual merupakan salah satu bahasa cinta yang disalurkan melalui sentuhan. Namun, Moms harus tahu bahwa ada risiko yang mengancam jika terlalu sering berhubungan seks, lho. 

Risiko ini biasanya muncul di area sensitif, yaitu vagina. Ada berbagai macam risiko kesehatan yang mengancam mulai dari rasa gak nyaman hingga infeksi.

Untuk informasi lebih lanjut, HerStory sudah merangkum selengkapnya dalam artikel berikut ini, Moms. Yuk, simak dengan seksama, ya!

1. Kekeringan vagina

Kekeringan vagina bisa menjadi salah satu gejala pertama yang dapat terjadi usai melakukan hubungan seks yang berlebihan. Pelumas alami tubuh semakin berkurang bahkan vagina menjadi kering. 

Kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit akibat gesekan pada vagina terjadi tanpa pelumas. Kekeringan vagina sering terjadi pada wanita menopause, yang menyebabkan banyak ketidaknyamanan selama penetrasi dan kontak seksual.

2. Peradangan

Jika kulit luar, vulva, dan labia kamu membesar dan bengkak setelah berhubungan seks, sebaiknya beri jeda untuk bercinta selanjutnya sampai kamu merasa baik-baik saja. Vagina yang sakit bisa menjadi lebih berlebihan yang menyebabkan rasa sakit. 

Untuk meredakan bengkak dan peradangan, Moms dapat mengompres area vagina. Tak hanya itu, akan lebih baik jika Moms menggunakan pelumas saat berhubungan seks berikutnya, ya.

3. Sakit saat berhubungan seks

Bahkan jika berhubungan seks adalah aktivitas yang paling menyenangkan, berhubungan seks lebih dari biasanya dapat menyebabkan nyeri genital. Rasa sakit yang muncul sesekali adalah hal normal, tetapi rasa sakit yang terus-menerus menunjukkan adanya masalah. Lakukan pemeriksaan medis jika mengalami kondisi ini, ya.

4. Sensasi terbakar

Sensasi terbakar di vagina selama atau setelah berhubungan seks akan menimbulkan rasa gak nyaman. Kondisi ini menandakan bahwa Moms perlu berhenti atau istirahat.

5. Infeksi saluran kemih

Infeksi kandung kemih dan vagina merupakan salah satu ancaman yang menyakitkan jika terlalu sering berhubungan seks. Hal ini terjadi karena adanya luka yang timbul dan memungkinkan masuknya bakteri hingga menyebabkan infeksi saluran kemih.

Itu dia beberapa kondisi yang mengancam jika terlalu sering berhubungan seks, Moms. Sebaiknya atur waktu yang tepat dan lakukan hubungan seks secara pas tanpa berlebihan, ya.

Artikel Pilihan