Menu

Awas! 5 Kesalahan Mencuci Muka Ini Bisa Bikin Wajah Keriput!

09 November 2020 16:30 WIB

ilustrasi mencuci muka (Pinterest/Lina Nila)

HerStory, Jakarta —

Mencuci muka sudah jadi salah satu kewajiban yang dilakukan oleh para Beauty setiap harinya. Walaupun terbilang sangat sepele dan mudah untuk dilakukan, beberapa orang masih melakukan berbagai kesalahan ketika mencuci muka. Alhasil, masalah kulit seperti jerawat hingga wajah lebih cepat keriput dapat menghampiri.

Untuk terhindar dari hal tersebut, Beauty harus mengetahui beberapa kesalahan yang terjadi ketika mencucui muka.

Melansir dari berbagai sumber, berikut HerStory rangkum lima kesalahan ketika mencuci muka. 

Salah menggunakan pembersih wajah

Beberapa orang masih menggunakan pembersih wajah yang enggak sesuai dengan kebutuhan wajahnya. Nah, sebelum membeli permbersih wajah, Beauty harus tahu jika pembersih wajah foam-based cocok digunakan untuk mereka yang memiliki wajah berminyak karena dapat menghancurkan minyak di dalam kulit. Sedangkan, pembersih wajah cream-based memiliki kandungan yang lebih ringan sehingga cocok untuk mereka yang memiliki kulit kering.

Suhu air yang terlalu dingin atau panas

Mencuci wajah menggunakan air yang terlalu panas bisa membuat kulit wajah terbakar atau kering. Sebaliknya, mencuci kulit wajah dengan air yang terlalu dingin bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Beauty disarankan untuk mencuci wajah dengan air pada suhu normal agar kulit enggak kehilangan minyak alaminya.

Enggak menghapus riasan wajah

Kebanyakan riasan wajah seperti maskara dan eyeliner memiliki sifat waterproof. Akibatnya, air dan pembersih wajah tidak efektif membersihkan wajah. Jangan sampai timbul jerawat di wajah hanya karena malas menghapus riasan wajah sebelum mencuci muka.

Membilas wajah dengan asal-asalan

Proses paling penting ketika mencuci wajah adalah ketika membilasnya. Namun, masih banyak orang yang melakukan kesalahan pada bagian ini. Seperti dilansir laman Boldsky ini cara yang benar ketika membilas wajah. Usap bagian hidung, bagian belakang telinga atau garis rambut karena biasanya busa kerap tertinggal pada area tersebut.

Mengelap dengan menggesekkan handuk

Beauty, tahukah kamu jika mengelap wajah dengan menggesekkannya dengan handuk dapat menimbulkan kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya lho. Ada baiknya jika Beauty mengeringkan wajah dengan menepuk-nepuk menggunakan handuk yang lembut.

Semoga bermanfaat ya,Beauty!