Menu

Kulit Kering dan Kusam? Atasi dengan Masker dari Buah-buahan Berikut ini

09 November 2020 21:10 WIB

buah semangka (Unsplash/edceee)

HerStory, Bogor —

Beauty, kulit kering dan kusam pastinya bikin kamu tak percaya diri. Kamu bisa bikin sendiri masker wajah dari buah. Buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang bekerja sangat baik untuk menghilangkan stres pada kulit, membebaskan kulit dari kandungan zat kimia produk kecantikan, serta mengembalikan kilau wajah yang hilang.

Masker wajah tak melulu harus mahal. Kamu bisa membuat masker berbahan dasar alami dari buah-buahan yang tentunya bebas dari efek samping. Merangkum dari berbagai sumber, Senin (9/11/2020) berikut resep masker dari buah untuk mengatasi kulit kering dan kusam.

1. Semangka dan Madu

Buah semangka dapat menyegarkan kulit karena tingginya kandungan air dalam buah ini bisa membantu menghidrasi kulit yang kering. Sementara madu berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Cara membuat masker ini sangat mudah. Cukup campurkan 1 sendok makan jus semangka dengan 1 sendok makan madu, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan campuran kedua bahan yang sudah diaduk itu ke seluruh wajah, dan biarkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

2. Alpukat dan Madu

Banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang bisa didapat dari buah alpukat, termasuk untuk dijadikan masker. Kandungan lemak sehat dalam alpukat bermanfaat untuk menutrisi kulit yang kering menjadi lebih lembap. Tambahkan juga madu dan air mawar yang sama-sama memiliki manfaat untuk melembapkan kulit kering.

Cara membuatnya, campurkan 2 sendok teh alpukat yang sudah ditumbuk dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh air mawar. Setelah itu aduk sampai merata, lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 10-20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Mangga dan Susu

Mangga sangat bagus untuk kulit, itu karena kandungan vitamin C di dalamnya yang akan membantu meningkatkan kolagen untuk memperbaiki penampilan kulit. Selain itu, mangga terbukti efektif melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan akibat sinar UV. Maka tidak heran, kalau mangga sangat cocok dijadikan sebagai masker wajah.

Cara membuatnya, siapkan 1 sdm mangga matang yang sudah dihaluskan, 1 sdm tepung terigu, 1 sdt susu. Dalam mangkuk, campur semua bahan-bahan di atas lalu aduk hingga teksturnya berubah menjadi seperti pasta. Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan pijat lembut kulit wajah dengan gerakan melingkar. Biarkan masker mengering dan setelah itu bilas dengan air dingin.

Share Artikel:

Oleh: Kintan Nabila