Menu

Gak Ribet Kok Moms! Bisa Bikin Bonding dengan Anak Makin Lengket, Ini Cara Bangun Hubungan dengan Si Kecil di Tengah Kesibukan!

09 November 2022 12:55 WIB

Ilustrasi ibu dan anak memiliki bonding yang kuat. (Freepik/bristekjegor)

HerStory, Jakarta —

Tentu saja menjadi orangtua yang bekerja akan sangat sulit untuk membangun bonding dan hubungan berkualitas dengan keluarga.

Hal ini lantaran waktu yang diluangkan hanya sedikit dan pada akhirnya banyak keluarga yang hanya melakukan rutinitas secara mekanis dan tak menikmatinya.

Rutinitas seperti bangunkan anak-anak, beri mereka sarapan, antar mereka ke sekolah, pergi bekerja, kembali, menjemput anak-anak dari sekolah, makan malam, menidurkan mereka dan mengulanginya lagi keesokan harinya. Gak ada yang spesial kan Moms? Bahkan sangat membosankan, bukan?

Ternyata menghabiskan waktu berkualitas sangat penting untuk masa kanak-kanak dan perkembangan si kecil. Dan untuk orang tua juga. Jadi, membina hubungan baik itu perlu. Berikut adalah tips yang dilansir dari sindikasi konten Suara.com tentang bagaimana kamu dapat menghabiskan waktu yang berkualitas untuk anak:

1. Ketahui minat anak

Seringkali, orang tua dalam upaya untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak, lupa bahwa anak-anak kecil mungkin tak memiliki minat yang sama seperti mereka.

Sangat penting meluangkan waktu untuk memahami anak-anak kamu, mengetahui apa yang mereka suka dan apa yang mereka tak suka.

2. Jauhi gadget 

Penting untuk mengubah sikap ini ketika kamu menghabiskan waktu bersama anak-anak. Ketika kamu bersama mereka, perhatian kamu seharusnya tertuju pada apa yang kamu dan anak-anak kamu lakukan dan bukan, misalnya, pada pekerjaan lainnya di saat yang bersamaan. Ini sangat berbahaya. Fokus pada anak-anak kamu, lupakan sejenak notifikasi pada telepon seluler.

3. Temukan cara alternatif untuk hadir di sisi anak

Penting untuk mencari cara alternatif agar bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak, misalnya, jika kamu pulang terlalu larut, kamu dapat membacakan cerita untuk mereka sebelum tidur, atau meninggalkan catatan yang dapat mereka bacakan di pagi hari dan diketahui oleh orang tua. 

4. Bantu anak dengan pekerjaan rumah mereka

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk berbagi waktu dengan anak adalah dengan membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah. Ini memberi manfaat ganda karena kamu bisa menghabiskan waktu bersama mereka dan juga mengajari mereka sesuatu yang akan berguna di masa depan.

Sebuah kegiatan sederhana yang akan memungkinkan kamu untuk lebih dekat dengan anak-anak kamu dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka.

5. Biarkan mereka membantu kamu dengan barang-barang kamu

Orang tua juga punya tugas, terutama di rumah, itu bisa beres-beres, memasak, bersih-bersih, mengurus hewan peliharaan dan sebagainya. Cara lain yang baik untuk menghabiskan waktu bersama mereka adalah dengan membiarkan mereka membantu kamu melakukan beberapa hal ini.

Usahakan selalu meluangkan waktu  bersama anak-anak kamu ya Moms. Karena setiap waktu dengan keluarga adalah hal yang berharga.

Artikel Pilihan