Menu

Beruntungnya yang Suka Minum Jamu, Ternyata Bisa Bikin Cantik Lho, Salah Satunya Cegah Penuaan Dini!

09 November 2022 08:30 WIB

Jamu Kewanitaan (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Bagi masyarakat Indonesia, jamu bukan lagi hal asing, mengingat begitu banyak khasiat yang dihasilkan jamu karena memang bahan-bahan pembuatan jamunya pun berasal rempah-rempah, jadi bisa dipastikan sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit lho, jadi bisa bikin cantik.

Maka tidak heran jika ada ungkapan minuman herbal seperti jamu itu berkhasiat untuk kecantikkan.

Hal ini juga diamini langsung oleh Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDOTJI) dr. Inggrid Tania yang sepakat dengan hal itu.

Ini karena kebanyakan jamu karena berasal dari bahan alami maka kaya antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

"Jamu juga berkhasiat untuk kecantikan ya jelas. Jadi jamu saya sebutkan bahwa jamu kebanyakan bersifat antioksidan, salah satu sifatnya adalah mencegah penuaan dini, karena penuaan dini itu kan karena radikal bebas," ujar dr. Tania dalam diskusi online beberapa waktu lalu.

Radikal bebas ini yang cukup berbahaya bagi kulit, karena menyebabkan peradangan, sehingga sel kulit menjadi mati dan berkerut. Radikal bebas juga bisa berasal dari sinar matahari dan udara yang tercemar.

"Sinar ultraviolet, karena pencemaran udara dan lain-lain dan pola-pola hidup yang misalnya penuh stres, kurang istirahat dan lain-lain," terangnya.

Jadi kata dia, kalau jawabannya jamu membuat lebih cantik karena kulit yang sehat dan terhindar dari penuaan dini dr. Tania sepakat dengan itu. Apalagi dengan kandungan herbal juga membuat kulit menjadi lebih lembab.

"Mencegah penuaan dini ya, ia kecantikan sih, karena kecantikan dalam arti kulit jadi lebih segar, lebih halus, lebih bercahaya gitu, dengan kadar kelembaban yang bagus. Itu semua sebenarnya manfaat jamu yang diminum dari dalam," tuturnya.

Ditambah lagi jamu juga punya manfaat lebih yaitu kandungan yang bisa menjaga kestabilan hormon dan tidak mudah stres, sehingga kulit lebih sehat.

"Si jamu ini berkhasiat untuk menstabilkan hormon. Jadi kalau hormon kita stabil biasanya kulit juga bagus," tutupnya.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan