Menu

Moms! Gak Perlu Repot Pakai Panci Presto, Begini Cara Olah Daging Biar Lembut: Cuma Butuh 12 Menit, Sekali Hap Buyar di Mulut...

09 November 2022 19:00 WIB

Ilustrasi Steak (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tak dipungkiri olahan daging sapi menjadi menu favorit dalam setiap acara. Bahkan, menjadi menu lauk pauk sehari-hari pun, enaknya luar biasa. Tapi sering jadi permasalahan, butuh waktu lama mengolahnya demi mendapatkan tekstur yang empuk bukan?! 

Eits.. Sekarang Moms enggak perlu bingung lagi apalagi harus repot menyiapkan panci presto agar bisa mengolah daging sapi empuk dan lembut. 

Ada cara tepat yang bisa Moms lakukan saat megolah daging sapi agar mendapatkan tekstur lembut, lho! Bahkan, enggak butuh waktu lama, hanya 12 menit daging lembut siap sedia!

Daging sapi memiliki kandungan protein yang baik untuk kesehatan karena terdapat beberapa manfaat, seperti menguatkan tulang dan gigi, meningkatkan massa otot, menambah asupan vitamin serta mineral dalam tubuh.

Kenikmatan olahan daging sapi akan lebih terasa jika memiliki rasa dan tekstur yang pas dilidah. Hal itu bisa didaptkan asal diolah dengan cara yang tepat.

Mengutip dari laman sajiansedap.grid.id, ada cara tepat mengolah dagung lembut tanpa panci presto dan hanya memakan waktu 12 menit.

Di mana tak lain dengan menggunakan metode 5-30-7. 

Artinya, daging sapi dimasak dalam waktu 5 menit, setelahnya matikan api kompor lalu tutup panci dengan rapat.

Kemudian, diamkan daging selama 30 menit di dalam panci. Baru setwlah utu, masak lagi selama 7 menit.

Dengan kata lain, waktu dimasak di atas kompor hanya butuh 12 menit.

Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski, Prasetyo Widodo, mengatakan bahwa itu menjadi salah satu cara efisien saat memasak daging dan menghemat biaya kompor gas.

Menurut Prasetyo, pada dasarnya ini merupakan teknik blanching. Blanching adalah proses memasak di mana makanan dimasukkan ke dalam air mendidih dalam waktu yang sebentar.

Untuk melakukan metode 5-30-7 ini, pertama kamu harus mempersiapkan panci yang diisi air.

Setelah itu, didihkan air sampai benar-benar mendidih. Lalu masukkan daging yang akan dimasak ke dalam panci berisi air mendidih tersebut.

Pastikan pula panci harus selalu tertutup rapat dan tidak sering dibuka-tutup.

Ada baiknya juga menggunakan panci dengan bahan tebal dan tutup yang berat untuk hasil daging lebih empuk untuk metode 5-30-7. 

Saking lembutnya, dijamin sekali hap langsung buyar dimulut dan enggak bikin gigi sakit, Moms!