Menu

Minder Gegara 'Cepat Keluar'? Ini 4 Tips Kembalikan Rasa Percaya Diri saat Bercinta, Ampuh!

09 November 2022 21:30 WIB

Ilustrasi pasangan suami istri sedang bertengkar di atas tempat tidur. (Pinterest/freepik)

HerStory, Bekasi —

Nggak sedikit orang jadi gak percaya diri saat berhubungan seks, apalagi ketika mengalami masalah seks seperti 'cepat keluar'.

Hal itu bisa saja terjadi akibat trauma emosional, rasa sakit, pengalaman perpisahan yang menyakitkan hati atau pun lainnya. Tetapi, perasaan itu bukan tidak bisa diatasi. 

Jika sedang merasakan hal tersebut, kamu bisa coba lakukan trik di bawah ini, sebagaimana dikutip dari sindikasi Suara.com.

1. Jangan pikirkan apa pun saat sedang berhubungan seks

Banyak orang menjebak dirinya sendiri dalam pikiran negatif selama berhubungan seksual. Kemudian mulai khawatir tentang bagaimana penampilannya, wajahnya seperti apa, atau apakah pasangannya menyukai gerakan seksual yang dilakukan.

Padahal pikiran-pikiran itu tidak perlu ada. Pastikan untuk hanya menikmati momen saat sedang berhubungam juga fokus pada kesenangan saat itu untuk membangun kepercayaan diri di kamar tidur. 

Sebab, jika terlalu banyak berpikir atau menerima perasaan negatif itu hanya akan menimbulkan stres saat itu juga. 

2. Kenali diri sendiri

Jika kamu gak memiliki hubungan yang sesuai dengan diri sendiri atau tidak tahu apa yang kamu suka dan gak suka dengan sentuhan seksual, itu akan memicu perasaan rendah diri makin terdorong ke bawah. Jadi, kenali apa yang membuatmu bergairah, hal-hal apa yang disukai, dan apa yang tidak disukai.

3. Ubah Cara Berpikir

Kurangnya kepercayaan seksual hanyalah ketakutan yang mengganggu di dalam kepala. Itu tidak hanya membunuh suasana hati, tetapi juga gairah dan kinerja seksualmu. Ketakutan itu bagai teror hingga akhirnya membuat diri merasa tidak terangsang. 

Manifestasikan pikiran kamu dan tanyakan pada diri tentang apa yang perlu ditakuti. Cari tahu juga hal-hal apa yang paling mengerikan bagimu, apa penyebab rasa percaya diri itu bisa ada. Sikap percaya diri hanya datang dari pikiran optimis jadi selalu perhatikan apa yang kamu rasakan dan apa yang dipikirkan.

4. Berhenti memikirkan pengalaman sebelumnya

Setiap orang memiliki masa lalu dan telah melalui banyak pengalaman. Beberapa dari pengalaman itu mungkin luar biasa sementara beberapa mungkin buruk. Pahami bahwa masa lalumu gak ada hubungannya dengan apa yang terjadi saat ini dan masa depan.