Menu

Catat Beauty! Sering Disepelekan, Ini 6 Daftar Makanan dan Minuman yang Bisa Sebabkan Jerawat! Adakan yang Kering Kamu Konsumsi?

10 November 2022 15:25 WIB

Wanita yang mengalami masalah jerawat karena penggunaan masker. (Alodokter)

HerStory, Jakarta —

Salah satu permasalahan kulit yang kerap dialami banyak orang adalah masalah jerawat. Timbulnya jerawat ternyata bisa dikarenakan gaya hidup yang gak sehat dan perawatan kulit yang kurang maksimal dan bersih lho Beauty.

Kebiasaan makan yang tak sehat tentu saja tak hanya memperburuk kesehatan tubuh melainkan juga kesehatan kulit. Terkait hal itu, dirangkum dari laman Style Crize, berikut sejumlah makanan dan minuman yang dapat menyebabkan jerawat.

1. Makanan cepat saji

Siapa nih yang suka makan makanan cepat saji? Nah, mulai sekarang sebaiknya hindari hal itu, ya. Sebab para peneliti menyimpulkan bahwa sering mengonsumsi makanan cepat saji seperti makanan berlemak, burger, sosis, kue, kue kering, dan gula dapat meningkatkan risiko jerawat atau memperburuknya.

Hal itu pun dibuktikan dengan hasil studi terkait dengan remaja yang berjerawat disebabkan karena faktor kebiasaan makan yang tak sehat.

2. Makanan karbohidrat dan gula halus

Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang berjerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak karbohidrat. Selain itu, studi lainnya menemukan bahwa asupan gula juga dapat menyebabkan perkembangan jerawat pada remaja.

Adapun makanan yang mengandung karbohidrat dan gula halus yang dimaksud yaitu nasi putih, mie, pasta, kue kering, hingga sirup.

3. Kopi

Kopi telah menjadi salah satu minuman wajib yang hampir dikonsumsi setiap hari. Namun tahukah kamu bahwa kopi ternyata merupakan jenis minuman yang dapat memperburuk jerawat?

Faktanya, studi menyebut bahwa kopi dapat mengurangi sensitivitas insulin yang dapat menyebabkan kadar gula darah meninggi dalam waktu yang lama. Kondisi tersebut dapat meningkatkan peradangan dan memperburuk jerawat lho Beauty.

4. Minuman berenergi 

Minuman energi mengandung kadar gula yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa asupan gula dari minuman tersebut dapat meningkatkan risiko jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi minuman berenergi dan bersoda dalam jumlah berlebihan, ya.

5. Produk susu 

Studi menemukan bahwa jerawat dan asupan susu memiliki keterkaitan. Artinya bahwa poduk susu termasuk keju dinilai dapat memperburuk jerawat.

6. Makanan beku dan kalengan

Makanan beku, kalengan, dan berbagai makanan olahan biasanya mengandung bahan tambahan. Mulai dari pemanis, minyak, rempah-rempah, dan pengawet, yang digunakan sebagai perasa. Nah, seluruh makanan siap saji tersebut biasanya banyak diproses dan dapat menjadi penyebab jerawat.

Itulah sejumlah makanan dan minuman yang dapat menyebabkan jerawat. Kurangi makanan dan minuman tersebut untuk tetap menjaga kesehatan kulitmu, ya Beauty!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.