Menu

Moms, Bentuk Apresiasi Sangat Penting Bagi Perkembangan Anak, Ini Kata Psikolog!

15 November 2022 21:25 WIB

Ilustrasi Orangtua memberikan apresiasi pada anak (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Apresiasi salah satu bentuk penghargaan kecil yang jarang disadari oleh banyak orangtua pada anak. Padahal, orangtua yang kerap memberikan apresiasi pada anaknya akan membantu perkembangan buah hati.

Melansir dari sindikasi GenPI.co, Psikolog dari UI Vera Itabiliana Hadiwijojo mengatakan setidaknya ada dua jenis apresiasi yang penting dan bisa diberikan orang tua kepada anak. Vera mengatakan dua bentuk apresiasi itu ialah material rewards dan social rewards.

"Material rewards merupakan apresiasi yang diberikan dalam bentuk benda seperti makanan ringan favorit anak, mainan, stiker atau benda lainnya," ujarnya, dalam GenPI.co, Selasa, (15/11/2022).

Sementara itu, social rewards juga tak kalah penting bagi perkembangan sang buah hati.

Apresiasi itu terdiri dari tiga bentuk yaitu afeksi seperti memberi pelukan, tepukan di pundak, ciuman di pipi, dan kata-kata pujian.

Lalu ada juga bentuk aktivitas, seperti orang tua bermain dengan anak tanpa memegang gadget, sehingga waktu bersama menjadi berkualitas.

“Pemberian kedua jenis apresiasi itu penting bagi anak untuk merayakan pencapaian yang sudah didapatkannya dan bisa meningkatkan kepercayaan diri sang buah hati,” katanya.

Lanjutnya, Vera mengatakan bahwa pencapaian yang dimaksud pun tak harus selalu bersifat besar, tetapi bisa dimulai dari perbuatan kecil bernilai positif.

“Misalnya, menyikat gigi tanpa disuruh atau merapikan tempat tidur sendiri,” paparnya.

Ada baiknya setiap apresiasi yang diberikan oleh orang tua terhadap anaknya perlu disesuaikan dengan setiap pencapaian yang dilakukan.

Orang tua juga bisa memberikan apresiasi yang sesuai dengan membuat kesepakatan dengan sang buah hati. Sebagai contoh ibu dan anak menyepakati bahwa anak akan mendapatkan apresiasi berupa coklat kesukaannya jika hari ini dia ingat untuk mengerjakan pekerjaan rumah tanpa diingatkan.

Share Artikel:

Oleh: Nasibah Azzahra

Artikel Pilihan