Menu

Beauty, Simak Tips dan Trik Merawat Tas Kulit Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

13 November 2020 18:40 WIB

Koleksi tas mewah Kylie Jenner. (Instagram/Kyliejenner)

HerStory, Bogor —

Tas berbahan kulit selalu jadi item fashion favorit wanita. Tas kulit selalu bisa membuatmu tampil trendi, terlepas dari berbagai model busana yang kamu kenakan.

Namun, kamu harus pintar-pintar merawat tas kulit agar tetap awet. Jika kamu tak paham cara merawatnya, tas kulit akan berubah warna dan mengelupas. Mengutip dari laman oscas.id Jumat (13/11/2020) berikut tips dan trik merawat tas kulit.

1. Jangan jemur tas dibawah sinar matahari

Untuk mengeringkan tas kulit, kamu cukup mendiamkannya di dalam ruangan yang sejuk dan tak lembap. Lalu, simpan di dalam kotak atau dust bag kemudian tambahkan gel silika untuk mencegah timbulnya jamur. Karena jika terkena sinar matahari secara langsung akan membuat tas kulit kehilangan warna aslinya.

2. Jangan gunakan tisu basah

Jangan bersihkan tas dengan tisu basah, cuka, ataupun cairan kimia lain yang sering digunakan untuk membersihkan barang di rumah. Kandungan dalam cairan bisa saja menyebabkan rusaknya kulit tas. Kamu cukup bersihkan tas berbahan kulit tersebut seminggu sekali dengan mencampurkan sabun cair secukupnya dengan air hangat. Gunakan kain halus berwarna putih supaya warna kain tak luntur dan mengotori tas kulit favorit.

3. Jangan cuci dengan deterjen

Tas berbahan kulit tak cocok jika dibersihkan dengan deterjen yang terlalu keras. Residu sabun yang dihasilkan deterjen dapat menyumbat pori-pori tas sehingga tekstur tas jadi kering dan tampak pecah-pecah sehingga mudah terkelupas.

4. Jangan menaruh tas kulit dengan cara ditumpuk

Tesktur dan bentuk tas kulit bisa rusak apalagi jika tertumpuk di bawah barang-barang atau tas lain yang berat. Cukup letakkan tas kulit dengan posisi berdiri di dalam lemari dan jejerkan dengan tas atau barang lainnya. Jangan lupa untuk menyimpan tas di sarung tas khusus untuk menghindari debu agar tak tampak kusam. Dengan demikian, tas kulit pasti akan tetap tampak lebih terawat meski sudah digunakan bertahun-tahun.

5. Jangan gunakan air

Tangan Anda dalam keadaan kotor atau berminyak? Jangan langsung gunakan air untuk membersihkan noda minyak. Air hanya akan merusak serat kulit saat noda minyak menempel pada tas kulit dan kulit akan dengan mudah terkelupas.

6. Gunakan baking powder untuk menghilangkan bau

Jika kamu tak menggunakan tas kulit dalam jangka waktu lama, siasati dengan menggunakan baking powder dan simpan dalam tas dengan wadah khusus. Ini berfungsi untuk menyerap bau yang tak sedap pada bagian dalam tas.

7. Jangan membersihkan tas dengan menggunakan saddle soap

Saddle soap atau sabut pelana. Meskipun guna sabun ini untuk membersihkan sepatu kulit agar tampak mengilap, namun hal ini tak berlaku untuk jenis kulit pada tas kamu. Karena kandungan pada sabun pelana malah akan membuat pudarnya warna kulit.

Artikel Pilihan