Menu

Mengenal Ciri Tahi Lalat yang Jadi Tanda Kanker Kulit, Ternyata Muncul Ketika…

16 November 2022 20:35 WIB
Mengenal Ciri Tahi Lalat yang Jadi Tanda Kanker Kulit, Ternyata Muncul Ketika…

Tubuh wanita yang dipenuhi tahi lalat. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu tahu bahwa tahi lalat merupakan salah satu ciri dari kanker kulit? Eits, jangan panik dulu sebab gak semua tahi lalat menandakan terjadinya kanker, kok.

Menurut Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Cabang Jakarta dr. Danang Triwahyudi Sp.KK(K) tahi lalat yang muncul sejak lahir umumnya aman dan gak menimbulkan masalah kulit. Namun, kamu harus waspada jika tahi lalat muncul tiba-tiba yang menunjukkan beberapa gejala yang gak normal.

“Tahi lalat yang dari lahir biasanya gak akan berubah. Tapi yang muncul diusia 20-an harus diperhatikan apakah berubah atau engga,” ungkapnya dalam konferensi pers Edukasi Media tentang Dampak Sinar UV terhadap Kesehatan Kulit yang diselenggarakan oleh Vaseline (15/11/2022).

Ia menjelaskan biasanya tahi lalat yang normal biasanya memiliki bentuk yang tetap. Namun, salah satu ciri kanker kulit adalah timbulkan tahi lalat yang gak simetris dan berubah-ubah bentuk serta warnanya.

Gak cuma itu, dr. Dadang juga menjelaskan bahwa keluhan yang muncul akibat kondisi ini adalah rasa gatal dan panas di area yang ditumbuhi tahi lalat.

Salah satu gejalanya (kanker kulit) adalah sesuatu yang mirip tahi lalat kemudian berubah bentuk menjadi tidak teratur dan timbul gejala seperti gatal hingga berdarah,” ungkapnya.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Tahi Lalat! Kenali 5 Tanda Kanker Kulit yang Ditandai dengan Tahi Lalat

Baca Juga: Ternyata Letak Tahi Lalat Bisa Jadi Cerminan Kepribadianmu Lho, Yuk Cek Punyamu!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.