Jika Moms saat ini sedang dalam tahap menyusui si kecil tentunya memerlukan botol untuk menampung ASI perah (ASIP). Tak jarang Moms kebingungan memilih botol yang aman untuk menyimpan ASI. Apakah lebih aman disimpan di botol kaca atau botol plastik?

Mengutip dari Mom Loves Best (15/11/2020) botol kaca memiliki berbagai kelebihan seperti mudah dibersihkan dan lebih tahan lama. Selain itu, botol kaca juga lebih terbebas dari kandungan kimia berbahaya sehingga lebih aman untuk menyimpan ASI. Botol kaca juga.

Akan tetapi, dibalik berbagai kelebihan yang ditawarkan, botol kaca memiliki harga yang lebih mahal, berat dan mudah pecah. Inilah yang membuat sebagian Moms merasa lebih baik menggunakan botol plastik.

Namun, botol plastik aman enggak ya digunakan?

Memiliki harga yang murah dan enggak mudah pecah menjadi kelebihan dari botol plastik ini. Namun, menggunakan botol plastik masih menuai pro dan kontra karena botol plastik dipercaya mengandung bisphenol A (BPA).

BPA merupakan bahan kimia yang sering digunakan untuk membuat produk plastik seperti botol air minum, botol susu bayi, dan untuk melapisi kaleng makanan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa BPA dapat menyerap ke dalam makanan maupun minuman sehingga dapat berbahaya bagi tubuh.

Mengandung estrogen sintetis yang dapat menyebabkan hormon jadi tak seimbang membuat botol plastik yang mengandung BPA lebih baik dihindari untuk digunakan pada bayi.

Baca Juga: Kandungan Probiotik dalam ASI Bisa Tingkatkan Imunitas Bayi Lho, Sudah Tahu Belum?