Menu

Duh Ngeri...Risiko Penyakit Kanker Bakal Lebih Tinggi pada Golongan Darah Ini, Begini Penjelasan Ahli

17 November 2022 15:35 WIB
Duh Ngeri...Risiko Penyakit Kanker Bakal Lebih Tinggi pada Golongan Darah Ini, Begini Penjelasan Ahli

Simbol pita peduli kanker (Freepik/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, golongan darahmu ternyata bukan saja dapat mengungkapkan banyak hal tentang ciri-ciri kepribadianmu lho, tetapi juga dapat menunjukkan masalah kesehatan tertentu yang membuat kamu berisiko lebih besar terkena kanker atau semacamnya. 

Ya, ternyata, golongan darah tertentu telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, namun ada pilihan gaya hidup yang dapat kamu lakukan untuk membantu menurunkan risiko menurut para ahli, Beauty.

Kanker paru-paru

Dr. JB Kirby, seorang praktisi perawat dengan gelar doktor dengan pengalaman 37 tahun dan 10 pengalaman di bidang Hematologi/Onkologi mengatakan, ada 4 golongan darah, yakni A, B, AB, dan O. Dan kata dia, ada kaitan kuat antara golongan darah dengan kanker paru-paru. 

Faktanya, orang dengan golongan darah A memiliki risiko lebih besar dibandingkan golongan darah lainnya. penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa orang dengan golongan darah A dan golongan darah B memiliki peningkatan risiko didiagnosis kanker paru-paru

Kirby pun lantas mengatakan alasan pasti mengapa hal ini terjadi tak diketahui. Menurutnya, telah dikemukakan bahwa antibodi tertentu yang diproduksi oleh tubuh mungkin berperan dalam perkembangan kanker paru-paru. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahuinya.

Apa yang Dapat Kita Lakukan Jika Kita Berisiko?

"Pertama, jangan panik. Hanya karena Anda memiliki golongan darah tertentu tidak berarti Anda akan terkena kanker," kata Dr. Kirby, sebagaimana dikutip dari laman Eat This, Kamis (17/11/2022).

Ia pun lantas menyarankan, mulailah dengan pencegahan. Makan makanan sehat yang mencakup sayuran segar dan buah-buahan, dan berolahraga setiap hari – meskipun hanya berjalan-jalan di sekitar blok – beberapa gerakan lebih baik daripada tidak sama sekali. 

“Kemudian, hindari makanan olahan. Jangan merokok juga. Jika ya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk berhenti,” tuturnya.

Baca Juga: Wanita Golongan Darah O Dikenal Paling Sabar? Intip Tipe Berkencan Sesuai Golongan Darahmu!

Baca Juga: Super Jujur, Ini Urutan Golongan Darah yang Paling Enggak Bisa Disuruh Bohong

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.