Menu

Si Kecil Mulai MPASI? Jangan Kasih Madu Dalam Menu Makannya Moms! Ini Kata Dokter Anak

17 November 2022 17:10 WIB
Si Kecil Mulai MPASI? Jangan Kasih Madu Dalam Menu Makannya Moms! Ini Kata Dokter Anak

Ilustrasi Anak Makan MPASI (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Saat anak masuk usia 6 bulan, biasanya para ibu akan panik untuk memberikan makanan pendamping asi (MPASI). Bahkan itu menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu.

Ini karena kita tak bisa memberikan MPASI secara sembarangan, termasuk madu. Dokter spesialis anak di RS Pondok Indah Bintaro, Robert Soetandio menyebut madu tak disarankan untuk bayi yang masih dalam masa MPASI.

"Pemberian madu di bawah satu tahun tidak boleh, ditakutkan ada kontaminasi Clostridium botulinum," ujar dr. Robert dalam keterangan resminya.

Menurut Robert, di dalam madu terdapat kandungan clostridium botulinum yang bisa menghasilkan neurotoksin yang berbahaya. Jika dikonsumsi oleh bayi dengan organ yang belum sempurna, maka bisa menyebabkan kondisi yang disebut botulisme. 

Botulisme adalah kondisi serius yang salah satunya bisa berujung kematian dan anak terutama di bawah usia enam bulan berada pada risiko tertinggi.

"Gejala ini biasanya muncul dalam 12-36 jam setelah makan makanan yang terkontaminasi bakteri Clostridium," imbuh Robert.

Baca Juga: Dikenal Memiliki Segudang Manfaat, Ternyata Madu Berbahaya Dikonsumsi Ibu Hamil!

Baca Juga: Jantung Dijamin Sehat, Konsumsi Madu si Manis Berjuta Manfaat untuk Kesehatan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari