Mendidik anak memang bukanlah hal yang mudah. Tentunya semua orang tua pasti memiliki kesulitan untuk mendidik anaknya.

Dalam mendidik anak, perlu usaha dan kesabaran yang tinggi agar anak dapat berperilaku lebih baik. Namun, tak jarang ada orang tua yang marah pada anak hingga melontarkan kata-kata terlarang ini.

Dalam berbagai kasus, saat anak mulai berperilaku menjengkelkan atau tak sesuai keinginan orang tua membuat Moms mengucapkan kalimat yang kurang pantas. Padahal kalimat yang keluar dari mulut orang tua akan diserap sebagai informasi oleh anak, lho!

Untuk itu Moms perlu mengetahui apa saja kalimat yang enggak boleh diucapkan pada anak. Scroll aja, Moms!

1. Caranya bukan begitu,biar Mama saja yang kerjakan!

Melansir dari Popmama (16/11/2020) kalimat ini justru akan membuat perkembangan anak menjadi terhambat. Kenapa? Anak akan menjadi lebih takut atau minder saat melakukan sesuatu pekerjaan. Lebih baik saat melakukan pekerjaan bersama, jelaskan kesalahan si kecil dengan sabar. Cara ini akan lebih membuat mereka mengerti dan tumbuh dengan rasa percaya diri.

2. Mama sedang sibuk, jangan ganggu!

Kalimat ini juga menjadi kalimat yang sering diucapkan oleh sebagian orang tua saat sedang sibuk melakukan sesuatu. Mulai sekarang jangan katakan lagi, Moms! Anak akan menjadi seperti tak diinginkan dan dibuang sehingga membuat mentalnya menjadi bermasalah. Jika Moms sedang sibuk dan si kecil ingin mengajak bermain, cobalah alihkan perhatian mereka dengan cara membuat mereka membaca buku, mewarnai, dan lain sebagainya. Diusahakan hindari memberikan game atau smartphone untuk anak.

3. Jangan menangis, cengeng!

Umumnya menangis menjadi cara bagi si kecil untuk menunjukkan emosinya. Dengan mengucapkan kalimat ‘Jangan menangis’ akan membuat mereka berpikir menangis adalah hal yang tak pantas dilakukan. Disarankan jika si kecil menangis Moms memberikan simpati dan empat dengan bertanya apa yang ia rasakan. 

Baca Juga: Moms! Gini Lho Ternyata Cara Didik Anak Jadi Orang yang Bertanggung Jawab! Simak Yuk!