Menu

Jangan Anggap Sepele, Komplikasi Diabetes Bisa Sebabkan Gangguan Saraf Moms, Cus Cek Gula Darahmu!

17 November 2022 19:15 WIB
Jangan Anggap Sepele, Komplikasi Diabetes Bisa Sebabkan Gangguan Saraf Moms, Cus Cek Gula Darahmu!

Ilustrasi seorang wanita memeriksakan kadar gula darahnya. (Pinterest/LIVESTRONG.COM)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes menjadi salah satu oenyakit mematikan di dunia. Di Indonesia sendiri, diabetes menduduki peringkat ketiga penyakit mematikan setelah kanker dan jantung. Diabetes bisa disebabkan oleh berabagi faktor, seperti keturunan hingga gaya hidup yang buruk.

Jika tidak diobati dengan tepat, diabetes bisa menimbulkan berbagai komplikasi serius, salah satunya gangguan saraf. Spesialis Saraf DR. dr. Rizaldy Taslim Pinzon mengatakan bahwa gangguan saraf tepi yang ditemui pada penderita diabetes melitus disebut juga neuropati diabetik.

Menurut Rizaldy, neuropati umum dijumpai, di mana satu di antara dua atau satu di antara tiga pasien diabetes melitus mengalami neuropati.

“Kerusakan saraf tepi bisa mengenai sistem saraf sensorik atau perasa, sistem saraf motorik, sistem saraf otonom, atau kombinasi dari ketiga sistem saraf tersebut,” kata Dokter Rizaldy.

Jika diabetes bisa dicegah atau dikendalikan sejak dini, gangguan saraf kemungkinan bisa diperbaiki bila belum parah. Namun, hal itu sulit terjadi bila kerusakan serabut saraf lebih dari 50 persen yang disebut sudah mencapai "point of no return".

"Kalau kerusakan sudah lebih dari 50 persen serabut saraf akan sulit (normal)," ujar dia.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.