Menu

Bahaya! Ini 3 Alasan Dilarang Pakai Kondom Bekas, Kasih Tahu PakSu Moms

17 November 2022 19:40 WIB
Bahaya! Ini 3 Alasan Dilarang Pakai Kondom Bekas, Kasih Tahu PakSu Moms

Illustrasi kondom yang dilepas dari vagina (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Kondom menjadi alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan saat berhubungan intim. Kondom dipakaikan pada alat kelamin pria atau wanita pada keadaan ereksi sebelum bersanggama.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang masih melakukan kesalahan dalam menggunakan kondom. Ternyata masih banyak orang yang menggunakan kondom lebih dari satu kali alias menggunakan kondom bekas.

Kebanyakan orang menganggap, cara itu lebih efisien dan menghemat. Dilansir dari laman News Medical via sindikasi konten Akurat.co, telah dijelaskan bahwa ada alasan kenapa kondom gak boleh digunakan lebih dari satu kali.

Efektivitas kondom berkurang

Ahli Epidemiologi di Divisi Pencegahan Penyakit Menular Seksual CDC, Elizabeth Torrone menegaskan bahwa menggunakan kondom bekas adalah hal yang salah.

Kondom yang sudah dalam keadaan dicuci maka efektivitasnya berkurang. Artinya, peluang kehamilan tetap ada dan bahkan dapat menularkan infeksi kepada pasangan yang bersenggama.

Bahan lateks yang rentan

Alasan kenapa kondom gak boleh dipakai berkali-kali ialah karena kondom berbahan lateks. Jadi, bahan lateks ini dapat melemah tingkat kelenturan dan kekuatannya.

Ya, ketika terkena air saat dicuci untuk dipakai kembali, sehingga kondom akan lebih mudah robek. Paparan air pada kondom bekas, juga membuat ukurannya menjadi gak pas lagi di mr p.

Kemungkinan tersisa strain penyakit

Kondom bekas juga perlu dibuang. Kenapa? karena kemungkinan ada strain infeksi menular seksual yang sulit dihilangkan sekalipun kondom dicuci.

Sekalipun sudah dipastikan cara mencucinya sudah tepat. Selain itu, ada pula penyakit kelamin lainnya yakni infeksi gonore super yang resisten terhadap antibiotik.

Strain penyakit ini bisa memicu penyakit parah yang sulit diobati bahkan berpotesi menyebabkan kematian.

Baca Juga: Aneh tapi Nyata! Ternyata Kondom Ada untuk Jari! Ini Fungsinya

Baca Juga: Waduh! Kondom Tertinggal di Miss V, Begini Cara Ambilnya Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya