Menjadi ibu bekerja yang pintar, tentu harus mahir dalam mengelola keuangan, termasuk mengatur gaji yang didapatkan. Beragam jenis pekerjaan, tentu memiliki nominal gaji yang enggak bisa disamaratakan. Beruntung bila kamu mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang menguntungkan. Namun, untuk kamu yang bekerja dengan penghasilan pas-pasan, pentingĀ bangetĀ untuk bisa mengelola keuangan agar bisa memenuhi kebutuhan harian.

Jika gajimu sebatas Rp3 juta per bulan, bukan berari kamu enggak bisa membangun keluarga yang bahagi, ibu bekerja. Kalau kamu bisa mengaturnya dengan baik, enggak cuma kebutuhan harian saja yang terpenuhi, bahkan kamu bisa menyisihkannya untuk keperluan di masa depan.

Penasaran bagaimana cara mengelola keuangan meski mendapat gaji hanya Rp3 juta? Merangkum dari berbagai sumber, Senin (16/11/2020), berikut lima di antaranya.

Alokasikan dana dengan tepat

Cara mengelola gaji Rp3 juta yang pertama adalah mengalokasikan penghasilan dengan cerdas. Adapun tips praktis dalam cara mengelola Rpgaji 3 juta dengan formula 40-30-20-10, yang rinciannya bisa kamu lihat berikut ini:

Baca Juga: Enggak Cuma Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Manfaat Lain Konsumsi Nasi Shirataki yang Perlu Ibu Bekerja Tahu, Sudah Coba?