Menu

Gawat! Ini 5 Penyakit yang Rentan Menyerang Wanita Setelah Menopause, Apa Saja?

18 November 2022 14:00 WIB
Gawat! Ini 5 Penyakit yang Rentan Menyerang Wanita Setelah Menopause, Apa Saja?

Illustrasi Wanita Alami Menopause (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menopause merupakan berakhirnya siklus menstruasi secara alami yang umumnya terjadi pada wanita saat memasuki usia 45-55 tahun.

Wanita yang telah menopause juga mengalami banyak perubahan, mulai dari penampilan fisik, kondisi piskologis, hingga gairah seksual.

Selain itu, ternyata wanita yang sudah menopause juga rentan menderita berbagai masalah kesehatan yang enggak boleh disepelekan. 

Melansir dari berbagai sumber (18/11/2022), berikut ini beberapa penyakit yang rentan menyerang wanita setelah menopause. Yuk, simak baaik-baik, ya!

Serangan jantung

Serangan jantung rentan menyerang wanita sekitar 10 tahun setelah menopause. Kondisi ini dipengaruhi menurunnya kadar estrogen yang membantu menjaga pembuluh darah jantung agar tetap fleksibel. Begitu estrogen berkurang, maka manfaatnya juga hilang.

Osteoporosis

Sebelum menopause, tulang wanita aman dari osteoporosis karena masih terlindungi hormon estrogen. Setelah menopause, wanita juga empat kali lebih berisiko terkena osteoporosis dibandingkan dengan pria.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Penelitian: Olahraga Teratur Dapat Mengurangi Risiko Berat Badan Naik saat Menopause

Baca Juga: Waduh! Wanita yang Menopause Dini Berisiko Alami Penyakit Jantung

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.