Apakah kamu pecinta kopi? Jika iya, mungkin kamu akan merasakan manfaatnya untuk kesehatan jantung. Ya, ada penelitian yang menyebut bahwa minum kopi bisa menurunkan risiko gagal jantung, stroke dan penyakit jantung koroner.

Penelitian ini dituangkan dalam sesi ilmiah dari American Heart Association di Anaheim, California. Para ilmuwan dari sekolah kedokteran Universitas Colorado menganalisis data dari Framingham Heart Study, yang melacak pola makan dan kesehatan jantung lebih dari 15.000 orang sejak 1940-an. Dalam penelitian ini, para ilmuwan mencari faktor risiko yang sebelumnya tak teridentifikasi untuk gagal jantung dan stroke.

Hasilnya menemukan bahwa setiap cangkir yang mengandung 8 ons kopi per hari mengurangi risiko penyakit gagal jantung sebesar 7 persen, stroke 8 persen dan jantung koroner 5, dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

Baca Juga: Kacau! Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Mengonsumsi Kopi saat Perut Kosong di Pagi Hari

Hampir semua peminum kopi dalam penelitian ini (97%) mengonsumsi antara satu hingga enam cangkir kopi sehari sehingga para peneliti enggak dapat mengetahui secara pasti apakah manfaatnya terus berlanjut pada tingkat konsumsi yang lebih tinggi.