Menu

BPOM Imbau Konsumen Teliti Membaca Label Informasi Nilai Gizi di Kemasan Produk Pangan: Bisa Bantu CegahDiabetes!

18 November 2022 11:46 WIB
BPOM Imbau Konsumen Teliti Membaca Label Informasi Nilai Gizi di Kemasan Produk Pangan: Bisa Bantu CegahDiabetes!

Tabel informasi nilai gizi pada produk makanan. (Riana/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Anisyah, S.Si., Apt., MP, selaku Direktur Standardisasi Pangan Olahan Badan POM (BPOM) RI, mengimbau masyarakat untuk membiasakan diri membaca tabel nutrisi atau informasi gizi pada kemasan makanan olahan. Adapun, hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit tidak menular, seperti diabetes, contohnya.

"Sebagai konsumen kita harus teliti dan cermat memperhatikan kandungan Gula, Garam dan Lemak (GGL) dalam setiap produk pangan olahan yang akan dibeli atau dikonsumsi, melalui tabel informasi nilai gizi yang memuat takaran saji, jumlah sajian per kemasan, nilai dan persentase AKG zat gizi termasuk GGL," kata Ani, saat acara Media Workshop Hari Diabetes Sedunia oleh Nutrifood di kawasan Menteng, pada Kamis (17/11/2022).

Ditegaskan Ani, dengan teliti memantau kandungan gizi, termasuk gula, garam dan lemak di label kemasan makanan olahan, maka masyarakat bisa memenuhi anjuran konsumsi gula sehingga bisa mencegah penyakit diabetes.

Ia lantas mengatakan bahwa anjuran konsumsi gula harian sendiri adalah tidak lebih dari 50 gram atau empat sendok makan. Lalu, garam tidak lebih dari 5 gram, dan lemak tidak lebih dari 67 gram.

"Jadi jangan soal promonya aja yang diperhatikan, asupan nutrisi di produk pun harus diperhatikan, Hal ini penting agar kita dapat lebih sadar akan jumlah gula dan asupan kalori yang dikonsumsi setiap harinya sebagai salah satu faktor yang dapat menyebabkan diabetes," beber Ani.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.