Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis yang diderita oleh banyak orang di seluruh dunia. Selama beberapa dekade, dokter telah mengobati penyakit diabetes dengan obat yang dirancang untuk menurunkan kadar gula darah.

Namun, dalam sebuah makalah yang diterbitkan Lancet, para peneliti di Inggris menemukan bahwa kondisi orang yang menderita diabetes bisa lebih membaik hanya dengan menurunkan berat badan.

Partisipan dalam penelitian ini diberi rencana diet enam bulan. Setela kehilangan rata-rata 13 kg para partisipan diketahui tak lagi menderita diabetes. Canggihnya lagi, saat menjalani diet para partisipan enggak mengonsumsi obat apa pun dan hanya mengandalkan penurunan berat badan.

Diabetes tipe 2 disebabkan oleh kemampuan tubuh untuk memecah gula dari makanan. Biasanya, sel-sel di pankreas bekerja untuk melepaskan insulin, hormon yang dapat memproses gula dan mengirimkannya ke sel-sel yang membutuhkannya untuk energi atau menyimpannya sebagai lemak untuk kebutuhan energi di masa yang akan datang.

Baca Juga: Mau Diet? Cobain Minuman Alami Ini, Beauty! Dijamin Berat Badan Turun!

Selanjutnya, sel di hati bertanggung jawab untuk membersihkan insulin dari peredaran darah. Tetapi, kelebihan lemak di pankreas dan hati dapat mulai menghentikan sel-sel penghasil insulin ini, yang menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Obat diabetes dapat menurunkan kadar gula tetapi tidak mengatasi mesin insulin yang rusak.