Menu

Cegah Penyakit Pneumonia, Lakukan 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Moms

18 November 2022 15:40 WIB
Cegah Penyakit Pneumonia, Lakukan 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Moms

Ilustrasi paru-paru. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Penyakit pneumonia adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, virus atau jamur. Infeksi ini pun menimbulkan peradangan di kantung udara yang terletak pada parus-paru. Bisa saja pneumonia terjadi pada satu atau kedua paru-paru.

Penyakit ini tak hanya menyerang lansia, tetapi juga anak-anak menjadi golongan yang rentan. Namun, penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Lantas bagaimana kebiasaan hidup sehat yang harus dilakukan? Yuk, simak penjelasan berikut ini Moms!

1. Rajin mencuci tangan

Untuk membantu mencegah penyebaran bakteri dan kuman berbahaya lainnya, kita harus menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan.

Terutama setelah menggunakan kamar mandi, berada di tempat umum, setelah menyentuh fasilitas umum atau barang yang kotor, hingga sesaat sebelum makan.

2. Jangan merokok

Merokok memang sudah menjadi rahasia umum bahwa jika terlalu sering merokok bisa membuat paru-paru tak sehat. Tapi sayangnya masih banyak orang yang melakukannya. Jaga paru-paru sesehat mungkin untuk mengurangi risiko terkena pneumonia.

3. Makan sehat, berolahraga, dan istirahat yang cukup

Dengan makan makanan sehat penuh buah dan sayuran, asupan gizi dalam tubuh dapat terpenuhi. Selain itu, lakukan juga olahraga secara teratur, dan pastikan tubuh mendapat jam tidur yang cukup setiap harinya. Dengan begini, sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga: Moms Harus Waspada! Kenali dan Cegah Pneumonia pada Si Kecil dari Sekarang Yuk!

Baca Juga: Pneumonia pada Anak Bisa Berakibat Fatal, Save the Children Buat Kampanye Daring 'Ayo Imunisasi STOP Pneumonia'

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.