Menu

Peringati Hari Prematur Sedunia, Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Anak Prematur Moms

18 November 2022 16:40 WIB
Peringati Hari Prematur Sedunia, Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Anak Prematur Moms

Tangan bayi. (Unsplash/Hu Chen)

HerStory, Bandung —

Memiliki bayi yang terlahir prematur tentu memerlukan usaha dan perhatian yang lebih dari orang tua. Hal ini sangat diperlukan karena organ-organ penting, seperti paru-paru, saluran pencernaan dan kulit serta daya tahan tubuhnya belum berfungsi dengan optimal.

Saat lahir, bayi prematur perlu mendapatkan perawatan di ruangan khusus di rumah sakit. Biasanya, bayi prematur diperbolehkan keluar dari rumah sakit dan dirawat di rumah kalau sudah bisa minum ASI atau susu formula secara langsung, berat badannya naik, serta suhu tubuhnya tetap stabil di suhu ruang. 

Untuk itu, Moms harus mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dari bayi prematur. Yuk, simak artikel berikut ini untuk informasi lengkapnya!

Hal yang Harus Diperhatikan saat Bayi Terlahir Prematur

1. Perhatikan jadwal makan

Di awal kelahirannya, bayi prematur perlu disusui sebanyak 8–10 kali sehari. Hindari menjeda waktu menyusui lebih dari 4 jam guna mencegahnya dehidrasi. Salah satu tanda bahwa bayi menyusu dengan cukup adalah ia pipis sebanyak 6–8 kali sehari.

2. Perhatikan posisi tidur

Pastikan Si Kecil tidur telentang dan tidak miring atau tengkurap. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) yang rentan dialami oleh bayi prematur.

Selain memastikan posisi tidur bayi sudah benar, sebaiknya batasi penggunaan bantal pada bayi karena bisa menghalangi pernapasannya.

Baca Juga: Waduh! Ternyata Ibu Hamil yang Positif COVID-19 Lebih Berpotensi Melahirkan Prematur, Hati-hati, Ya, Moms!

Baca Juga: Bumil Waspada! Infeksi COVID-19 Bisa Sebabkan Kelahiran Prematur

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.