Menu

Resep Roti Kukus Srikaya, Lembut, Selainya Lumer di Mulut

21 November 2022 15:30 WIB
Resep Roti Kukus Srikaya, Lembut, Selainya Lumer di Mulut

Roti Kukus Srikaya (Instagram/ninaft1383)

HerStory, Jakarta —

Selai srikaya sangat cocok dan lezat jadi olesan pada roti. Pada resep kali ini ada roti kukus srikaya yang rasa manis dan teksturnya lembut. Roti kukus srikaya ini banyak disukai, menikmatinya nikmat saat masih dalam keadaan hangat.

Tertarik untuk membuat? Simak resep roti kukus srikaya di bawah ini dari Cookpad.com.

Roti Kukus Srikaya

Bahan-bahan:

  • 300 gr terigu protein tinggi
  • 100 ml uht
  • 4 gr ragi instan
  • 30 gr gula pasir
  • 35 gr butter margarin
  • Sejumput garam
  • Pasta pandan

Adonan Thangzhong:

  • 30 gr terigu (diambil dari 300 gr terigunya)
  • 125 ml air

Cara membuat:

  1. Buat adonan thangzong: Campur 30 gr terigu+air, aduk rata. Setelah itu panaskan di atas kompor hingga mulai mengental, matikan api dan angkat sambil diaduk-aduk. Sisihkan hingga dingin.
  2. Campurkan bahan-bahan kering terigu, gula pasir, ragi, aduk rata. Tambahkan adonan thangzong, lalu masukkan susu UHT.
  3. Tambahkan pasta pandan, aduk rata lalu uleni hingga kalis. Tambahkan butter margarin dan garam, lalu uleni lagi hingga kalis elastis.
  4. Bulatkan adonan, tutup dengan serbet bersih yang sedikit dibasahi selama sekitar 40-45 menit hingga mengembang 2 kali lipat. Kempiskan adonan, bagi-bagi sesuai selera. Saya bagi jadi 16, bentuk bulat-bulat untuk roti maros/sobek. Tata dalam loyang, saya alasi kertas roti dengan dioles margarin.
  5. Tutup lagi dengan serbet sekitar 30 menit hingga mengembang, lalu kukus dengan api kecil selama sekitar 15 menit. Kukusan dipanaskan dulu di sekitar menit 20-25, agar gak rentan overproofing yang menyebabkan mengkerut.
  6. Setelah kompor dimatikan, diamkan dulu ±5-10 menit, buka pelan-pelan agar udara masuk perlahan dan gak menyebabkan permukaan mengkerut. Jika saat dibuka keliatan mengkerut, tutup lagi agar uapnya mendorong kerutan menjadi normal. Jika ingin lebih mengkilat, setelah diangkat olesi margarin.
  7. Setelah roti hangat-hangat kuku, iris belah tengah lalu bisa diolesi selai sarikaya. Olesi roti dengan selai sarikaya, hingga terlihat lumer-lumer menggoda. 

Moms untuk mencari berbagai resep makanan, minuman atau menu MPASI di HerStory sudah banyak referensi untuk moms di rumah. Selamat mencoba ya moms!

Baca Juga: Bisa Jadi Menu Camilan Akhir Pekan, Ini Cara Mudah Buat Bolu Milo Tanpa Oven

Baca Juga: Katanya Sup Ayam Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh? Begini Cara Membuatnya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.