Seperti yang diketahui pasien diabetes yang terkena covid 19 lebih rentan mengalami risiko kematian. Bahkan diabetes menjadi komorbid tertinggi kedua yang ditemukan pada kasus positif dan kasus kematian akibat Covid-19. Indonesia sendiri mendapati angka 34,4% kasus kematian dan positif tertinggi Covid-19.

“Pada kasus Covid-19 yang mana pasiennya memiliki kondisi diabetes itu tingkat keparahan penyakitnya dan tingkat kematiannya itu 3x lipat,” ujar dr. Adhiatma Gunawan selaku Head of Medical Management, Good Doctor Technology Indonesia secara virtual pada Senin (16/11/2020).

Dikarenakan pasien diabetes ini memiliki tingkat keparahan yang lebih tinggi jika terpapar Covid-19, inilah kenapa memerlukan tindakan pencegahan dengan sebaik mungkin. 

Bertepatan dengan Hari Diabetes Sedunia pada Sabtu 14 November 2020, Good Doctor bersama Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) bersama-sama ikut mendukung manajemen penyakit diabetes.

Di masa pandemi ini, tak jarang beberapa orang mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses dan biaya untuk konsultasi ke dokter. Salah satu cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan teknologi informasi.

Hampir semua orang sudah mengerti dan bisa mengakses internet di Indonesia sehingga dapat memanfaatkan situasi ini untuk menjadi solusi di bidang kesehatan. Misalnya saja dengan kemunculan Good Doctor yang memberikan layanan pada setiap penggunanya agar dapat berkonsultasi langsung dengan dokter ahli.

“Misi kami yaitu memberikan satu dokter di setiap keluarga di Indonesia. Jadi, harapannya seluruh masyarakat di Indonesia itu harus sehat dengan menggunakan teknologi,” lanjut dr. Adhiatma.

Baca Juga: Tak Memenuhi Panggilan Polisi, Begini Alasan Syarifah Najwa Shihab dan Suami