Kulit berjerawat sungguh bikin galau. Sudah menggunakan perawatan ini-itu tapi hasilnya masih kurang maksimal, atau bahkan malah jadi tambah berjerawat. Tahukah Beauty, penggunaan merk kosmetik yang sering ganti juga bisa menjadi faktor tumbuh jerawat, lho

Selain itu, pemilihan sabun untuk wajah juga harus diperhatikan. Jangan sampai salah pilih. Kamu harus memiliki face wash yang menurutmu nyaman dikulit, cukup untuk membersihkan dan enggak menimbulkan reaksi negatif. 

Tapi sayangnya, beberapa orang masih enggak paham bagaimana cara memilih produk untuk wajah yang cocok. Apalagi untuk wajah yang mudah berjerawat. 

Merasa selalu salah beli dan ganti. Alhasil yang terjadi seperti yang dibilang tadi, penggunaan kosmetik/skincare yang sering ganti malah makin menyebabkan jerawat itu terjadi.

Lalu, gimana sih cara memilih kandungan pembersih wajah untuk kulit berjerawat yang benar?

1. Cari tekstur yang lembut di kulit. 

Kalau bisa yang enggak mengandung alkohol. Kamu bisa cek ombak dari produk-produk yang temanmu gunakan dan lihat mana yang paling lembut.

2. Enggak banyak busa

Sabun pembersih wajah dengan banyak busa enggak berarti dapat membersihkan dengan baik.

3. Hindari kandungan scrub kasar

Hayo ngaku, siapa yang kalau kehabisan sabun pembersih wajah malah menggunakan scrub untuk badan? Aduh, jangan begitu lagi ya. Kulit wajahmu enggak sekuat kulit badanmu.

4. pH rendah

kandungan pH yang baik antara 4.5 - 6.0

5. Terdapat kandungan antioksidan

Vitamin A adalah antioksidan yang sangat kuat dan digunakan pada produk perawatan kulit. Maka dari itu, namanya lebih dikenal sebagai retinoid atau retin A.

6. Terdapat kandungan emolien dan humektan

Kedua sifat ini berguna untuk melembabkan dan bisa menyembuhkan jerawat.

Baca Juga: Waspada, Salah Pakai Shampoo Ternyata Bisa Memicu Jerawat di Wajah!

Perlu diingat, kandungan di atas adalah kandungan pembersih wajah bagi kulit berjerawat pada umumnya. Jika kamu merasa belum juga teratasi dengan maksimal, bisa hubungi dokter kulit.