Alat dapur berbahan kayu, memerlukan perawatan khusus dibandingkan alat dapur stainless steel. Terutama, jangan biarkan alat dapur berbahan kayu terendam air terlalu lama karena dapat menimbulkan bercak atau noda hitam. Selain itu, alat masak ini juga harus diperhatikan kebersihannya.

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti peralatan dapur kayu? Gantilah ketika ia mulai retak. Celah yang terdapat pada alat dapur yang rusak dapat membuat sisa makananan masuk dan menumbuhkan bakteri sehingga menimbulkan bau tak sedap. Mengutip dari cleanipedia, Selasa (17/10/2020) berikut tips merawat peralatan dapur bebahan kayu!

1. Gosok menggunakan garam

Kandungan pada garam dapat membersihkan bakteri yang terdapat pada alat dapur berbahan kayu. Antibakteri pada garam dapat membersihkan kuman dengan sangat baik terutama setelah digunakan untuk mengolah daging atau ikan mentah. Sebelum memberi garam, langkah awal yang harus dilakukan adalah mencuci alat dapur berbahan kayu menggunakan air panas dan sabun pencuci piring hingga benar-benar bersih. 

Selanjutnya, taburkan garam pada peralatan dapur tersebut. Setelah itu, gosok menggunakan lemon hingga garam hilang. Fungsi garam yang dipadukan dengan lemon adalah sebagai penghilang bau tak sedap seperti bau amis ikan, serta untuk membersihkan noda yang tersisa pada peralatan kayu tersebut. Langkah selanjutnya, Moms dapat membilas dengan air dingin dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering.    

2. Rendam dengan cuka

Apakah Moms pernah membersihkan alat dapur berbahan kayu tetapi tetap tak dapat menghilangkan bau sisa makanan? Jika Moms pernah mengalaminya, cobalah untuk merendam peralatan dapur berbahan kayu menggunakan cuka seharian. Cuka mampu membasmi bakteri serta menghilangkan bau tak sedap. Setelah merendamnya, Moms dapat membilas dengan air, lalu menjemurnya hingga benar-benar kering.

3. Sterilisasi peralatan berbahan kayu secara teratur

Bahan utama kayu memang rentan lembab sehingga mudah tumbuh kuman dan bakteri. Oleh karena itu, sebaiknya Moms melakukan desinfeksi secara berkala dengan cairan hydrogen peroxide. Caranya, cuci alat dapur berbahan kayu dengan sabun pencuci piring, setelah itu rendam menggunakan cairan desinfeksi tersebut selama 15 menit. Lalu, bilas menggunakan air bersih dan gantung hingga kering.  

Baca Juga: Moms, Terapkan Etika Saat Bertamu ke Rumah Orang Lain pada Anak Agar Berlaku Sopan Sejak Dini