Menu

Jangan Sembarangan, Ini Sederet Rekomendasi Obat Batuk Kering yang Bisa Dikonsumsi Anak

21 November 2022 13:10 WIB
Jangan Sembarangan, Ini Sederet Rekomendasi Obat Batuk Kering yang Bisa Dikonsumsi Anak

Obat sirop. (Getty Images/iStockphoto)

HerStory, Bandung —

Di musim pancaroba saat ini, anak-anak rentan terkena penyakit batuk pilek. Orang tua tentu khawatir jika anak tak kunjung sembuh. Meski anak bisa mengonsumsi obat batuk pilek, orang tua tetap perlu memerhatikan apakah obat tersebut aman dikonsumsi atau tidak. Untuk itu, berikut adalah rekomendasi obat batuk pilek untuk anak yang aman dikonsumsi dan mudah didapatkan di apotek.

Merek Umum

- OBH Combi Anak Batuk Plus Flu

- Bodrexin Flu Anak

- Panadol Sirup Anak

- Sanmol Sirup

- Bisolvon kids Sirup

- Proris Sirup

- Termorex Plus

- Hufagrip Flu Sirup

- Komix Kid Sachet

- Pludane Sirup

Selain menggunakan obat medis seperti yang disebutkan di atas, Moms juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati batuk dan pilek. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan:

1. Berikan cairan

Moms bisa memberikan cairan (air, jus, dan kaldu) kepada si kecil. Ini berguna untuk membantu mengencerkan sekresi. Cairan hangat, seperti teh atau sup ayam, mungkin memiliki efek menenangkan, meningkatkan aliran lendir hidung dan melonggarkan sekresi pernapasan.

2. Jalankan pelembab udara berkabut dingin

Cara ini dapat menambah kelembapan udara, yang dapat mengurangi pengeringan saluran hidung dan tenggorokan. Tempatkan pelembab udara di dekat tempat tidur anak dan jangan lupa untuk bersihkan pelembab udara setelah setiap kali digunakan.

3. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam juga salah satu cara alami untuk mengobati batuk dan pilek pada anak. Cara ini bisa digunakan oleh anak usia 6 tahun ke atas, berkumur dengan air garam hangat dapat meredakan sakit tenggorokan.

4. Tawarkan permen isap

Untuk anak-anak usia 5 tahun ke atas, mengisap permen padat dapat meredakan sakit tenggorokan. Permen keras mungkin sama efektifnya dengan obat pelega tenggorokan dan cenderung tidak memiliki efek berbahaya. Namun, permen padat bisa  bahaya jika tersedak dan tidak diperbolehkan diberikan kepada anak usia di bawah 5 tahun.

Itulah beberapa rekomendasi obat batuk pilek dan cara untuk meredakan penyakit tersebut pada anak. Selamat mencoba Moms!

Baca Juga: Waspada Moms! Kenali 4 Penyebab Batuk pada Anak, Salah Satunya Karena...

Baca Juga: Anak Mulai Mengalami Batuk Pilek? Ini Rekomendasi Obat yang Mudah Ditemukan dan Aman Dikonsumsi

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.