Belakangan ini udara di beberapa wilayah Indonesia sangat terasa panas. Oleh sebab itu, mandi jadi salah satu pilihan untuk menyegarkan badan. Bicara soal mandi, masih banyak yang penasaran apakah mandi pagi bisa menuaikan manfaat kesehatan selain menyegarkan badan?

Michael Grandner, direktur Sleep and Health Research Program, di University of Arizona mengatakan bahwa mandi pagi baik untuk tubuh karena bisa meningkatkan energi untuk menjalani aktivitas.

"Mandi pagi dapat membantu menghilangkan inersia tidur dan membuat tubuh jadi bersemangat," ujar Michael.

Selama bertahun-tahun, penelitian telah memperjelas bahwa penting untuk melakukan aktivitas di pagi hari yang bisa meningkatkan kesehatan mental dan fisik, salah satu caranya adalah dengan mandi pagi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Temperature menunjukkan bahwa mandi bisa membakar sekitar 140 kalori per jam. Hasilnya juga mengungkapkan bahwa mandi menyebabkan bisa menurunkan kadar gula darah. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa mandi dapat menjadi pengobatan alternatif dan strategi manajemen bagi mereka yang berisiko mengembangkan penyakit metabolik.