Alpukat merupakan salah satu buah yang populer. Selain karena mudah ditemukan, buah alpukat juga memiliki rasa yang lezat dan bisa diolah dengan.

Tak hanya itu, penelitian menemukan bahwa alpukat baik dikonsumsi untuk penderita kanker darah atau leukemia. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Research, molekul yang berasal dari alpukat telah ditemukan untuk menargetkan sel induk leukemia myeloid akut (AML).

Lipid yang ditemukan dalam alpukat bergabung dengan beberapa perawatan obat yang tersedia untuk menyerang sel induk leukemia secara langsung dan melindungi sel-sel sehat agar tak terluka. AML adalah bentuk kanker agresif yang membunuh 90% orang di atas 65 tahun yang didiagnosis. Obat yang bekerja pada sel punca adalah yang paling efektif dalam mengobati penyakit.

"Sel induk sebenarnya adalah sel yang mendorong penyakit," kata Profesor Paul Spagnuolo, seorang peneliti dari Universitas Waterloo dikutip TIME (17/11/2020).

Baca Juga: Waspada! Penelitian: Konsumsi Kentang Goreng Dapat Meningkatkan Risiko Kanker

“Sel punca sebagian besar bertanggung jawab atas perkembangan penyakit dan itulah alasan mengapa begitu banyak pasien dengan leukemia kambuh,” lanjutnya.