Menu

Kasus Polio Kembali Muncul, Kapan dan Apa Manfaat Vaksinasinya?

21 November 2022 18:50 WIB
Kasus Polio Kembali Muncul, Kapan dan Apa Manfaat Vaksinasinya?

Ilustrasi vaksin polio. (iStockphoto)

HerStory, Jakarta —

Moms, virus polio kembali ditemukan di Aceh setelah Indonesia sempat dinyatakan sebagai negara bebas polio sejak tahun 2014 lalu. Namun, kemunculan kasus polio di Aceh menjadi faktor pendorong untuk kembali menggencarkan vaksisinasi polio massa gak cuma di Aceh namun di berbagai daerah di Indonesia. 

Perlu diketahui bahwa virus polio dapat menular melalui air dan makanan yang terkontaminasi atau kontak dengan orang yang terinfeksi. Infeksinya ditularkan melalui air dan makanan yang terkontaminasi atau kontak dengan orang yang terinfeksi. 

Ketika masuk, virus ini akan terus berlipat ganda sepanjang perjalanannya hingga sampai ke saluran cerna. Virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan permanen pada anak terutama yang belum mendapatkan vaksinasi. 

Lalu, apa manfaat vaksinasi polio, Moms?

Manfaat Vaksin Polio

Salah satu manfaat paking umum dari vaksin polio sendiri adalah untuk menguatkan imunitas seseorang pada virus polio. Dengan pemberian vaksin ini, risiko tertular penyakit polio akan dapat diturunkan hingga usia seseorang dewasa nanti.

Seiring dengan itu, akan berkurang pula risiko penyakit polio. Jika ada keluarga yang terpapar, maka gak perlu khawatir akan terjangkit dari pasien. 

Pemberian vaksinasi ini juga masuk dalam program Kementerian Kesehatan, melalui posyandu dan puskesmas. Jangan khawatir, Moms. Vaksin ini gratis untuk semua orang, sebagai bagian dari program imunisasi dasar.

Baca Juga: Wah! Ilmuwan Sebut Vaksin Polio Bisa Efektif Lawan Virus Corona, Benar Enggak Sih?

Baca Juga: Hari Polio Sedunia, Ternyata Dua Negara Ini Belum Dinyatakan Bebas Polio, Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.