Menu

Gak Cuma Gegara Pubertas, Ini 5 Penyebab Munculnya Stretch Mark di Payudara! Nomor 1 Paling Umum!

22 November 2022 12:40 WIB
Gak Cuma Gegara Pubertas, Ini 5 Penyebab Munculnya Stretch Mark di Payudara! Nomor 1 Paling Umum!

Ilustrasi perempuan sedang memegang payudara. (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Untuk wanita, hal-hal kecil yang terjadi pada dirinya meskipun jarangh terlihat orang lain sangatlah mengganggu. Salah satunya adalah stretch marks atau selulit.

Selain banyak di bagian paha atau pantat, selulit yang ada pada bagian payudara juga menjadi fokus untuk beberapa wanita lho Beauty!

Sebenarnya sangat umum bagi wanita untuk mengembangkan stretch mark pada payudara. Biasanya, ketika pertama kali muncul, stretch mark tampak kemerahan, keunguan, atau merah muda. Saat stretch mark menjadi tua, garis-garisnya berubah menjadi putih.

Salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya stretch mark adalah pubertas. Sebab perubahan hormon saat pubertas juga memicu perubahan fisik.

Selama masa pubertas, anak perempuan mungkin mengalami pertumbuhan yang cepat pada jaringan payudara mereka. Saat payudara berkembang, kulit akan meregang yang dapat menyebabkan stretch mark.

Selain masa pubertas, berikut 5 penyebab timbulnya strecth mark pada payudara, dirangkum dari laman Style Craze.

Kehamilan

Ini adalah penyebab paling umum munculnya stretch mark di berbagai bagian tubuh, termasuk payudara. Stretch mark biasanya mulai berkembang pada trimester ketiga. Saat bayi tumbuh, peningkatan kadar estrogen menyebabkan pertumbuhan saluran susu dan payudara, yang dapat menyebabkan stretch mark.

Baca Juga: Duh Ngeri Banget! Wanita Ini Hampir Mati Gegara Implan Payudara Pecah!

Baca Juga: Aneh Tapi Nyata! Wanita Ini Ubah Penampilan Jadi Mirip Robot, Kok Bisa Ya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.