Menu

Beauty Wajib Tahu! Ternyata 5 Makanan Ini Jadi Penyebab Utama Bau Badan!

22 November 2022 13:15 WIB
Beauty Wajib Tahu! Ternyata 5 Makanan Ini Jadi Penyebab Utama Bau Badan!

Ilustrasi wanita dengan bau badan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Bau badan yang tak sedap memang dapat mengganggu kepercayan diri dan membuat tubuh tidak nyaman lho. Mungkin kamu sudah berusaha untuk menjaga kebersihan diri, namun masih merasa punya bau badan yang tetap. Ternyata, terdapat beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau badan lho. Yuk, simak daftar makanan berikut ini!

1. Bawang putih

Bumbu dasar yang selalu ada di dalam setiap makanan ini disebut-sebut dapat menyebabkan bau badan menjadi kurang sedap. Hal ini karena bawang putih memiliki zat yang disebut dengan allicin. Zat ini secara ilmiah memang mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun, sayangnya zat ini justru memengaruhi aroma keringat Anda sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap.

2. Bawang bombay

Selain bawang putih, makanan lain yang berpotensi menjadi penyebab bau badan adalah bawang bombay. Reaksi tubuh terhadap bawang bombay serupa dengan yang terjadi ketika mengonsumsi bawang putih. Saat memproses bawang, tubuh akan memproduksi senyawa yang menyerupai sulfur. Senyawa tersebut yang menjadi penyebab bau badan tidak sedap, terutama saat berkeringat.

3. Daging merah

Meskipun enak dan lezat, ternyata terlalu banyak makan daging merah bisa membuat badan Anda mengeluarkan bau kurang sedap. Walaupun begitu, belum diketahui berapa banyak jumlah daging merah yang dikonsumsi yang bisa menjadi penyebab bau badan.

4. Makanan pedas

Lagi-lagi, makanan pedas memiliki kandungan kimia yang dapat masuk ke pembuluh darah, kemudian memengaruhi napas dan keringat. Apalagi biasanya setelah mengonsumsi makanan pedas akan membuat tubuh Anda berkeringat.

5. Makanan laut (seafood)

Beberapa jenis makanan laut atau seafood juga bisa menjadi penyebab bau badan jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, tak semua orang yang makan seafood pasti akan mengalami bau badan. Biasanya, kondisi ini ditemukan pada orang-orang yang memiliki kelainan metabolisme tubuh, seperti trimetilaminuria. Trimetilaminuria adalah kelainan yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproses senyawa kimia dalam seafood dengan baik.

Itulah beberapa makanan yang bisa menyebabkan tubuh kamu mengalami bau tak sedap. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Faktanya, Bumil Sering Alami Bau Tak Sedap di 5 Titik Ini

Baca Juga: Punya Masalah Ketiak Bau Tak Sedap? Yuk Ketahui Penyebabnya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.