Menu

Musim Hujan, Ini 5 Hal yang Wajib Dilakukan Penderita Diabetes, Terakhir Sering Banget Disepelekan, Jangan Sampai Nyesel Ya Moms!

22 November 2022 11:28 WIB
Musim Hujan, Ini 5 Hal yang Wajib Dilakukan Penderita Diabetes, Terakhir Sering Banget Disepelekan, Jangan Sampai Nyesel Ya Moms!

Ilustrasi Pemeriksaan Gula Darah. (The Alternative Daily/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sekarang ini beberapa wilayah di Indonesia mulai memasuki musim hujan. Biasanya, musim hujan rentan terhadap naiknya gula darah lho Beauty. Ini tentu harus diwaspadai bagi penderita diabetes.

Selain menghindari mengonsumsi makanan yang bisa menaikkan kadar gula darah dlama tubuh, ada beberapa hal yang wajib dilakukan penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Apa saja? Berikut ini beberapa hal yang wajib dilakukan diabetesi, seperti dilansir dari laman Healthline.

1. Pilih makanan higenis

Selama musim hujan hindari makanan di warung pinggir jalan, karena orang jarang tahu bagaimana bersihnya juru masak atau dimana mereka mendapatkan air bersih untuk memasak. Karena penderita diabetes memiliki kekebalan tubuh yang sensitif yang dapat mempengaruhi gastroenteritis atau masalah perut lainnya.

2. Konsumsi Rempah Sehat 

Sertakan bawang putih, lada, jahe, kunyit, bubuk jeera dan ketumbar dalam makananmu. Pasalnya, rempah-rempahan tersebut bisa membantu mengurangi masalah gangguan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Jaga kebersihan kaki

Pasien diabetes perlu berhati-hati terhadap kaki mereka selama musim hujan dan tidak boleh berjalan tanpa alas kaki. Ini karena tanah hampir berubah menjadi tempat berkembangnya semua jenis kuman dan bakteri.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari