Setiap minggunya janin dalam perut akan semakin berkembang mulai dari penyempurnaan bentuk tubuh hingga organ tubuh. Di saat usia kehamilan memasuki 18 minggu, biasanya bayi mulai bisa mendengar suara dari dalam rahim.

Seperti yang kita ketahui bahwa janin dilindungi oleh cairan ketuban. Ketuban inilah yang berfungsi menggetarkan suara pada si kecil sehingga ia dapat mendengar suara dari luar. Pasalnya, semakin berkembang usia janin, kemampuan mendengarnya juga bertambah baik sehingga Moms tak lagi memerlukan headphones untuk si bayi menikmati musik.

Malah menggunakan headphones bisa mengganggu bayi karena suaranya bergetar sangat keras. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut suara apa saja yang bisa didengar oleh bayi,HerStory sudah mengutip dari berbagai sumber. Cek disini yuk!

1. Suara ibunya

Tentunya sudah tak asing lagi bahwa bayi bisa mendengar suara ibunya. Suara ibu menjadi suara favorite bagi bayi, lho! Untuk itu sering-seringlah Moms berkomunikasi dengan si kecil sejak ia masih dalam kandungan. Detak jantuk bayi juga akan melambat saat ia mendengar suara ibunya. Hal ini membuktikan bahwa suara ibu membuat bayi menjadi lebih tenang dan rileks.

2. Suara organ tubuh ibunya

Ternyata bayi dalam perut juga bisa mendengar suara organ tubuh Moms, lho! Bayi dapat mendengar suara jantung, aliran darah serta suara perut Moms yang lapar. Tak hanya itu saja, bayi juga bisa mendengar suara televisi hingga suara kebisingan jalan raya.

3. Suara ultrasound

Saat mengecek kandungan ke dokter bayi juga tahu dan dapat merasakannya. Suara ultrasound saat melakukan USG seperti suara kereta bawah tanah yang melewati stasiun. Inilah kenapa saat melakukan USG pastikan alatnya tak berada di dekat telinga bayi karena akan berisiko mengalami gangguan pendengaran.

Baca Juga: Moms, Si Kecil Hobi Hisap Jempol? Jangan Anggap Sepele, Kenali Bahayanya!