Menu

Mengenal Gejala Polio: Penyakit Lama yang Kembali Menyerang

22 November 2022 12:05 WIB
Mengenal Gejala Polio: Penyakit Lama yang Kembali Menyerang

Ilustrasi vaksin polio. (iStockphoto)

HerStory, Jakarta —

Moms, belum lama ini beredar kabar bahwa seorang anak berusia 7 tahun di Aceh terinfeksi virus polio. Penyakit yang sudah lama ‘hilang’ di Indonesia ini kembali muncul bahkan Kementerian Kesehatan RI menetapkannya sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Sejak tahun 2014, Indonesia sudah mendapatkan sertifikat eradikasi polio (Indonesia bebas polio). Kemunculkan kasus di Aceh itu menjadi pukulan keras yang diduga terjadi karena semakin menurunkan tingkat imunisasi tiap tahun di Indonesia.

Padahal penyakit ini berbahaya sebab menyerang sistem saraf hingga berpotensi menyebabkan kelumpuhan, lho. Meski begitu, banyak yang mengabaikan gejalanya hingga berujung hal fatal seperti lumpuh permanen.

HerStory sudah merangkum informasi seputar polio dalam artikel berikut ini, Moms!

Gejala polio

Menurut CDC, orang dapat tertular virus polio dari makanan atau air minum yang terkontaminasi virus. Lalu patogen dilepaskan ke dalam air limbah melalui kotoran individu yang terinfeksi.

Penyakit ini juga dapat menyebar melalui cairan pernapasan, misalnya seperti bersin atau batuk, dari orang yang terinfeksi. CDC menyatakan kebanyakan orang yang terinfeksi polio gak akan memiliki gejala yang terlihat. 

Baca Juga: Wah! Ilmuwan Sebut Vaksin Polio Bisa Efektif Lawan Virus Corona, Benar Enggak Sih?

Baca Juga: Hari Polio Sedunia, Ternyata Dua Negara Ini Belum Dinyatakan Bebas Polio, Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.