Menu

Waduh! Dokter Sebut Wanita Lebih Rentan Terkena Varises, Ternyata Ini Penyebabnya, Cek Moms, Kamu Sering Melakukannya Gak?

22 November 2022 12:45 WIB
Waduh! Dokter Sebut Wanita Lebih Rentan Terkena Varises, Ternyata Ini Penyebabnya, Cek Moms, Kamu Sering Melakukannya Gak?

Ilustrasi varises di kaki (Freepik/fabrikasimf)

HerStory, Jakarta —

Varises merupakan pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang umumnya terjadi pada bagian kaki. Hal itu disebabkan oleh penumpukan darah. Orang yang mengidap varises biasanya pembuluh vena mereka terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua.

Kondisi ini banyak dialami wanita terutama saat mereka hamil. Melansir dari laman Genpi, Selasa (22/11/2022), spesialis bedah vaskular RS Pondok Indah dr. Febiansyah Kartadinata Rachim mengatakan bahwa wanita lebih berisiko terkena varises.

Data menunjukkan bahwa 81,3 persen penderita varises adalah perempuan. Salah satu faktor penyebabnya ialah penggunaan sepatu hak tinggi yang membuat tekanan di betis terlalu tinggi dan mengakibatkan sirkulasi darah jadi tidak lancar.

“Selain itu, faktor risiko dari varises juga dipengaruhi oleh kehamilan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Febiansyah meminta masyarakat waspada saat kaki mudah kram dan nyeri.

Menurut Febby, hal itu terjadi karena "racun" yang harusnya dialirkan ke jantung malah menumpuk di kaki akibat gangguan sirkulasi. Akibatnya, warna kulit jadi semakin gelap dan menyebabkan kulit kering, gatal-gatal dan pada akhirnya ketika timbul luka, proses penyembuhannya jadi semakin lama.

“Namun, belum tentu gejala tersebut memastikan seseorang varises,” tuturnya.

Baca Juga: Hati-hati! Varises yang Dibiarkan Bisa Seperti Penyakit Diabetes, Bisa Sebabkan...

Baca Juga: Bisa Jadi Kondisi Serius, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mulai Mengalami Varises

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.