Menu

Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Begini Cara Tepat Mengonsumsi Daun Seledri, Catat Moms, Jangan Sampaik Keliru Ya!

22 November 2022 14:20 WIB
Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Begini Cara Tepat Mengonsumsi Daun Seledri, Catat Moms, Jangan Sampaik Keliru Ya!

Daun Seledri. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kamu pasti gak asing dengan daun seledri kan Moms? Ya, daun ini memang banyak ditemukan di berbagai masakan, seperti bakso, soto, berbagai olahan mi, dan lain-lain.

Selain rasanya yang nikmat, daun seledri juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan, salah satunya yaituampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini telah terbukti dalam beberapa penelitian, salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Physics: Conference Series pada 2020.

Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa mengonsumsi jus seledri bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi. Lantas, bagaimana cara mengonsumsi daun seledri untuk mendapatkan manfaatnya?

Biasanya orang-orang akan membuat jus daun seledri sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain jus, manfaat biji seledri juga terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah, lho.

Berdasarkan penelitian dalam Natural Medicine Journal, ekstrak biji seledri dapat menurunkan tekanan darah sistolik sekitar 8,2 mmHg dan diastolik 8,5 mmHg selama 6 minggu pada pasien hipertensi ringan hingga sedang.

Adapun khasiat tersebut karena kandungan apigenin dan phthalides dalam seledri. Apigenin merupakan senyawa flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa ini berguna untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dan memperlambat detak jantung, sehingga tekanan darah menjadi berkurang.

Baca Juga: Rambut Kamu Rusak? Simak 5 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Rambut

Baca Juga: Enggak Hanya Kaya Anti Oksidan, Seledri Juga Ampuh Turunkan Berat Badan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.