Menu

Waspada! Ini 3 Penyakit yang Sering Menyerang Saat Musim Hujan, Sudah Tahu Belom Moms?

22 November 2022 14:30 WIB
Waspada! Ini 3 Penyakit yang Sering Menyerang Saat Musim Hujan, Sudah Tahu Belom Moms?

Ilustrasi anak sedang sakit. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Tak dipungkiri, musim hujan menjadi sarang berbagai penyakit yang siap mengintaimu kapanpun. Hal ini seiring dengan merebaknya virus dan bakteri yang menyebar saat musim penghujan.

Selain batuk, flu, pilek, dan demam ada beberapa penyakit serius yang kerap menyerang kita saat musim hujan. Apa saja? Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (22/11/2022).

1. Demam berdarah dengue (DBD)

Perubahan suhu yang tidak menentu pada musim hujan dapat menyebabkan populasi nyamuk meningkat dengan cepat. Penyakit yang dibawa oleh nyamuk, seperti demam berdarah dengue (DBD) lebih mungkin terjadi. 

Gejalanya sakit kepala, nyeri otot atau nyeri sendi, mual, muntah, pembengkakan kelenjar getah bening, serta bintik-bintik merah di kulit. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, tapi lebih umum dialami oleh orang yang sudah pernah terpapar virus dengue atau memiliki sistem imun yang lemah.

2. Chikungunya

Mirip dengan DBD, chikungunya merupakan infeksi virus yang disebarkan lewat gigitan nyamuk. Kondisi ini bisa menyebabkan demam selama beberapa hari serta nyeri sendi yang bisa bertahan selama beberapa minggu.

Baca Juga: Beauty, Waspada! Flu hingga Leptospirosis, 5 Penyakit Ini Bisa Muncul saat Banjir

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Golongan Darah O Rentan Terkena Penyakit DBD

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.