Menu

Waspadai Epilepsi Beauty! Ini Sederet Tanda Awal dan Langkah Penanganan yang Gak Boleh Diabaikan

23 November 2022 06:30 WIB
Waspadai Epilepsi Beauty! Ini Sederet Tanda Awal dan Langkah Penanganan yang Gak Boleh Diabaikan

Ilustrasi epilepsi. (Kompas.com/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu pernah mendengar tentang penyakit epilepsi? Ya, epilepsi adalah penyakit otak kronis tak menular yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 50 juta orang di seluruh dunia menderita epilepsi. Hal ini menjadikannya salah satu penyakit saraf yang paling umum. 

Perlu kamu ketahui, Beauty, orang yang menderita epilepsi mengalami episode kejang yang tiba-tiba. Kejang adalah lonjakan tiba-tiba dari aktivitas listrik yang tak biasa dan berlebihan di otak yang dapat memengaruhi penampilan atau tindakan seseorang. .

Faktor utama yang menyebabkan epilepsi

Nah, kamu juga mesti waspada, Beauty, pasalnya banyak faktor yang menyebabkan epilepsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Infeksi kemungkinan besar merupakan penyebab utama epilepsi di seluruh dunia. Jika ada bukti infeksi otak yang menyebabkan kejang, ini diklasifikasikan sebagai penyebab epilepsi menular.
  • Epilepsi dapat terjadi karena alasan genetik. Kadang-kadang diturunkan dalam keluarga dan kadang-kadang karena perubahan genetik yang didapat.
  • Bisa juga terjadi karena rendahnya kadar oksigen saat lahir.
  • Epilepsi dapat disebabkan oleh kondisi yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel otak.
  • Cacat lahir yang memengaruhi otak merupakan penyebab umum epilepsi, terutama pada mereka yang kejangnya tidak terkontrol oleh obat antikejang.
  • Jaringan parut otak setelah cedera kepala, kerusakan otak setelah stroke dan tumor juga dapat menyebabkan epilepsi.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Riana Agustian