Menu

Jangan Diabaikan Moms! Ini Pentingnya Orangtua Kenalkan Edukasi Organ Intim Pada Anak Sejak Dini, Nanti Nyesel Lho...

23 November 2022 13:20 WIB
Jangan Diabaikan Moms! Ini Pentingnya Orangtua Kenalkan Edukasi Organ Intim Pada Anak Sejak Dini, Nanti Nyesel Lho...

Ilustrasi mendampingi anak belajar online. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Hingga kini di Indonesia pelajaran soal edukasi seks ataupun organ intim masih sangat tabu dan balum menyeluruh. Padahal, pembahasannya sangat penting untuk pembelajaran setiap orang agar anak bisa tahu apa yang harus ia lakukan kedepannya.

Yudo Irawan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RSUPN Cipto Mangunkusumo (RSCM) meminta orang tua untuk mengedukasi anak mengenai kebersihan dan kesehatan organ intim sedini mungkin saat anak sudah mulai memahami pentingnya menjaga organ intim.

“Tidak ada patokan usia berapa. Jadi misalnya saat dia bertanya, misalnya perempuan, kok saya beda dengan punya papa, berarti itu sudah bisa kita tanamkan dari mulai anatomi, fungsi, dan menjaga kesehatannya,” tuturnya dilansir pada Rabu (23/11/2022) 

Menurut Yudo, memberikan edukasi kepada anak sedini mungkin mengenai pentingnya menjaga kesehatan organ intim sangat penting untuk mencegah anak mencari informasi dari sumber lain yang tidak terpercaya dan membawa dampak negatif.

“Biasanya di bawah usia 10 tahun itu anak-anak sudah mulai mengerti, mulai tahu, dan ingin tahu. Jadi kita sebagai orang tua sebaiknya memberikan informasi yang baik sebelum bablas mencari informasi yang malah ke mana-mana,” ujarnya dikutip dari Antara melalui sindikasi konten Suara.com.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Membersihkan Miss V, Ampuhkah?

Baca Juga: Ternyata Tidur Tanpa Celana Dalam Bagus untuk Kesehatan, Kok Bisa?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.