Menu

5 Komplikasi Penyakit Asam Urat yang Akan Terjadi Jika Tak Segera Diobati

23 November 2022 12:25 WIB
5 Komplikasi Penyakit Asam Urat yang Akan Terjadi Jika Tak Segera Diobati

Ilustrasi asam urat (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Bandung —

Asam urat adalah bentuk penyakit arthritis yang umum terjadi pada orang dewasa. Enggak hanya menimbulkan rasa yang menyakitkan, asam urat juga bisa berujung pada komplikasi yang berbahaya bagi tubuh.

Asam urat terjadi karena kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan terbentuknya kristal asam urat di persendian sehingga menimbulkan gejala yang mengganggu aktivitas. Berikut beberapa komplikasi yang mungkin terjadi jika asam urat tidak segera diobati, diantaranya:

1. Tophi 

Tophi adalah kumpulan kristal urat yang menumpuk di bawah permukaan kulit dan membentuk gumpalan atau benjolan. Benjolan ini umumnya berbentuk kecil, keras, dan terkadang ada bagian berwarna putih yang merupakan tumpukan dari kristal urat tersebut.

Biasanya muncul di sekitar tangan, kaki, pergelangan tangan dan kaki, jari, lutut, hingga telinga. Benjolan ini umumnya tidak sakit, tetapi bisa mengganggu aktivitas harian. Tophi juga perlu diangkat dengan prosedur operasi bila sudah terlalu besar atau menjadi infeksi.

2. Deformitas sendi

Deformitas sendi bisa terjadi karena peradangan kronis yang menyebabkan serangan asam urat secara terus menerus serta terbentuknya tophi di sekitar persendian. Lama kelamaan, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan sendi permanen, kelainan bentuk, dan kekakuan pada sendi.

Pada kondisi yang parah, deformitas sendi mungkin perlu prosedur pembedahan untuk memperbaiki atau mengganti sendi yang telah rusak.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Merapat! 3 Makanan Ini Patut Dihindari Ya!

Baca Juga: Jangan Keliru! Ini Perbedaan Kolesterol dan Asam Urat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.