Menu

5 Hal Ini Ternyata Jadi Penyebab Anak Kurang Percaya Diri Lho, Orang Tua Wajib Tahu!

23 November 2022 11:55 WIB
5 Hal Ini Ternyata Jadi Penyebab Anak Kurang Percaya Diri Lho, Orang Tua Wajib Tahu!

Anak membawa tas berat ke sekolah (Pexels.com/Pixabay)

HerStory, Bandung —

Sikap berani dan percaya diri harus dimiliki setiap anak. Jangan biarkan si Kecil tumbuh dengan rasa ketidakpercayaan diri karena hal ini akan mengganggu perkembangannya.

Hal buruk lainnya yang mungkin terjadi adalah si Kecil akan jadi sosok anak yang pemalu dan bisa jadi anti sosial. Nah, berikut beberapa faktor lain yang menyebabkan anak kehilangan rasa percaya dirinya, diantaranya:

1. Kebiasaan sering memarahi anak

Kebiasaan memarahi anak akan membuat si Kecil merasa ada yang salah. Apalagi, jika Moms pernah memarahi dirinya di depan umum atau di ruang publik.

Hal tersebut akan membuat anak merasa malu dan tertekan. Padahal, memarahi bukanlah tindakan yang tepat untuk memperbaiki sikap si Kecil yang salah dan akan mengganggu kondisi psikologis anak.

2. Pengaruh orang tua yang kurang percaya diri

Sikap orang tua yang kurang percaya diri juga bisa membentuk kepribadian anak yang tidak percaya diri. Ketika Moms termasuk orang tua yang kurang percaya diri, baiknya Moms intripeksi diri terlebih dahulu. Belajar kembali mengenal diri dan tanya pada diri sendiri apa yang membuat Moms merasa tidak percaya diri.

3. Sering diremehkan

Orang tua sering kali bermaksud untuk memotivsi anak supaya mereka bisa berusaha lebih, misalnya dalam hal akademik. Namun, tindakan ini justru malah membuat kondisi psikologis anak semakin buruk.

4. Sering dilarang

Moms, seberapa sering melarang si Kecil melakukan sesuatu? Hal kecil yang bisa sering dilakukan seperti melarang anak untuk melakukan aktivitas di rumah akan membuat dirinya tersugesti untuk tidak akan melakukan apapun karena takut dilarang.  Munculnya sugesti negatif akan membuat dirinya kurang percaya diri.

5. Melihat kekurangan pada dirinya

Kondisi fisik anak tentunya berbeda-beda. Terkadang, orang-orang terdekat anak bisa jadi pemicu rasa ketidakpercayaan diri. Misalnya, tubuh anak yang terlalu kurus atau terlalu gemuk biasanya menjadi perbincangan orang-orang di sekitar.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat rasa percaya diri anak kurang. Untuk itu, Moms perlu mulai mengajarkan si Kecil agar untuk mulai berani dalam keadaan apapun.

Baca Juga: Kamu Orang yang Insecure? Kenali 4 Tanda Ini, Beauty!

Baca Juga: Perang Terus dengan Diri Sendiri? Ini Alasan Kamu Harus Bisa Kurangi Rasa Gak Enakan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.