Menu

Ssttt Moms... Uang Jajan Makin Numpuk, Ini Lho 15 Cara Ibu Rumah Tangga Hemat Pengeluaran Harian, PakSu Pasti Takjub!

23 November 2022 16:25 WIB
Ssttt Moms... Uang Jajan Makin Numpuk, Ini Lho 15 Cara Ibu Rumah Tangga Hemat Pengeluaran Harian, PakSu Pasti Takjub!

Ilustrasi seorang wanita memperhatikan tanggak kedaluwarsa serta label gizi saat berbelanja bahan makanan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Setiap hari ada saja barang dan kebutuhan sehari-hari yang harganya semakin melonjak sehingga akdang kala rasanya uang bulanan tak cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Jika kamu salah satu ibu rumah tangga yang merasa seperti itu, tentu saja ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan demi menekan pengeluaran dan bahkan bisa nabung untuk masa depan lho Moms!

Yuk simak deretan cara yang bisa kamu terapkan ini.

1. Gunakan barang yang dapat digunakan kembali atau reusable.

Selain memberi dampak positif untuk lingkungan, menggunakan barang-barang yang dapat dipakai lagi juga berpengaruh terhadap pengeluaran kita alias lebih hemat. Beberapa contoh barang yang termasuk reusable, seperti popok clodi, atau botol susu langganan yang bisa kita isi ulang.  

2. Pilih sewa untuk barang-barang yang hanya sekali pakai.

Daripada membeli dengan harga mahal, jika barang  yang ingin kita gunakan merupakan barang yang hanya digunakan pada waktu-watu tertentu, maka menyewa adalah pilihan yang tepat. Sebab dengan menyewa tentunya akan lebih menghemat pengeluran. Beberapa barang yang bisa kita sewa misalnya, kereta dorong bayi atau mainan anak-anak, peralatan olahraga, tas branded, dan lain sebagainya. 

3. Pilih beli bekas atau preloved untuk barang tertentu.

Ada beberapa jenis barang yang sebenarnya akan lebih menguntungkan jika kita membelinya dalam kondisi bekas pakai atau preloved. Terutama untuk jenis barang yang nilai jual kembalinya sudah pasti turun setelah kita buka segelnya. Misalnya gadget, perkakas atau alat pertukangan, perlengkapan naik gunung, dan kendaraan.    

4. Berjalan kaki untuk jarak yang dekat.

Berjalan kaki merupakan salah satu alternatif untuk menghemat BBM, selain lebih sehat juga lebih hemat juga pastinya ya Moms.

5. Menanam bahan pangan di rumah. 

Sangat menyenangkan menanam sayur-sayuran di rumah, apalagi jika bisa menjadikannya jenis yang organik. Buah-buahan dan rempah-rempah yang sering digunakan memasak sehari-hari juga bisa kita tanam sendiri di rumah, dengan begitu akan sangat menghemat biaya pengeluaran kita. 

Baca Juga: Wih! Begini Cara Jaga Penampilan Mirip Jaga Kantong

Baca Juga: Jangan Boros! Moms, Begini Tips Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.